Sukses

Cuaca Ekstrem Bakal Selimuti Yogyakarta 3 Hari ke Depan

Adanya pertemuan tekanan udara rendah di barat Australia, mempengaruhi cuaca di Yogjakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Yogyakarta Teguh Prasetyo mengatakan cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi dalam beberapa hari ke depan. Teguh mengatakan hujan dan angin kencang yang terjadi kemarin di Yogya masih berpeluang terjadi lagi.

Adanya pertemuan tekanan udara rendah di barat Australia, mempengaruhi cuaca di Yogjakarta. Bahkan menurut Teguh, potensi ini bisa terjadi dalam 2 hingga 3 hari ke depan.    

"Ada daerah tekanan udara rendah di Barat Australia sehingga massa udara dari laut Hindia ke samudra Indonesia masuk ke situ. Demikian juga dari laut pasifik massa udara mengalir ke Kalimantan, juga ke Sumatra dan anginnya pengaruh di Jawa dari situ ada pertemuan massa udara dari laut Pasifik sampai di Samudra Hindia. Nah, pertemuan itu menjadi hujan lebat. Kondisi ini bisa terjadi dua sampai tiga hari lagi," ujar dia, Selasa (24/2/2015).

Teguh mengatakan potensi ini harus diwaspadai masyarakat. Ia menceritakan potensi terjadi cuaca ekstrim ditandai dengan cuaca panas di siang hari dan terlihatnya awan Cumulunimbus (CB). Jika awan CB itu terlihat masyarakat harus mewaspadai akan terjadinya angin kencang dan hujan deras di Yogyakarta.

"Kita tandai rasa panas sekali sekitar jam 12 terus di atas ada awan gelap maka harus diwaspadai. Awan CB dan ada bentuk kilat dan kilat ini bisa memecahkan batas isolasi udara, maka kandungan uap air di udara itu banyak dan ini menjadi penghantar arus listrik yang baik. Kalau batas ambang itu terlampaui, maka keluar suara guntur," ujar Teguh.

Teguh menyebut musim penghujan akan terjadi sampai bulan Mei 2015 nanti. Sementara hujan disertai angin kencang yang terjadi Senin 23 Februari 2015 kemarin mengakibatkan satu orang atas nama Catur Setyono (38), warga Bumijo Jetis, tewas dan satu orang luka-luka akibat tertimpa pohon tumbang. "Masih musim penghujan sampai akhir Mei," ucap Teguh. (Tya/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.
    Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.

    Yogyakarta

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Cuaca Ekstrim

Video Terkini