Sukses

Keraton Surakarta Sewakan Kios untuk Pedagang Pasar Klewer

150 kios minimalis berukuran 2,4 X 2,4 meter dibangun di pagelaran Keraton Kasunanan dan siap digunakan oleh pedagang Pasar Klewer.

Liputan6.com, Solo - Areal pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta, Jawa Tengah, kini berubah. Tidak tampak lapang seperti biasanya, justru saat ini muncul sejumlah kios minimalis yang terbuat dari bahan tidak permanen.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (29/1/2015), sedikitnya 150 kios dibangun di pagelaran Keraton Kasunanan ini dan siap digunakan oleh pedagang Pasar Klewer yang menjadi korban kebakaran.

Kios minimalis berukuran 2,4 X 2,4 meter ini terbuat dari triplek, tanpa pintu. Namun untuk menempati kios ini para pedagang harus membayar uang sewa empat bulan sekali. Bagi pedagang yang akan memasang pintu, akan dikenai biaya tambahan Rp 1,1 juta.

Sementara itu, janji Pemerintah Kota Solo untuk menyediakan pasar darurat sementara, selama proses pembangunan Pasar Klewer yang terbakar, sampai saat ini belum terwujud.

Pasca-kebakaran Pasar Klewer 28 Desember lalu, ribuan pedagang terpaksa berjualan di berbagai lokasi di sekitar Pasar Klewer seperti alun-alun, lahan parkir keraton, serta pinggir jalan.

Selama ini mereka tak bisa nyaman berdagang, terlebih cuaca yang sering tidak bersahabat. Mereka menanti janji pemerintah yang sebelumnya mengatakan, akan menyediakan pasar darurat gratis untuk pedagang. (Dan/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini