Sukses

Lambaian Tangan Jokowi untuk Massa Pro-KPK Saat Car Free Day

Presiden Jokowi dijaga ketat Paspampres yang juga turut bersepeda pagi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengisi akhir pekan dengan berolahraga sepeda. Seperti sebelumnya, pria yang karib disapa Jokowi memanfaatkan momen hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) sebagai jalur bersepeda.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (25/1/2015), Jokowi beserta rombongan tiba di kawasan Bundaran Hotel Indonesia sekitar pukul 08.00 WIB. Jokowi dijaga ketat Paspampres yang juga turut bersepeda pagi.

Ada yang berbeda dari penampilan Jokowi. Dia mengenakan kaos polo berwarna putih. Jokowi memang tidak biasa mengenakan baju putih saat olahraga. Biasanya Presiden ke-7 RI itu mengenakan baju olahraga hitam dengan variasi warna hijau saat Car Free Day.

Jokowi pun mengayuh sepedanya ke Jalan Sudirman. Di lokasi itu juga ada aksi masyarakat mendukung KPK. Mereka pun mengenakan baju putih sebagai bentuk keprihatinan masyarakat.

Warga yang sedang ikut aksi itu melihat Jokowi melintas. Mereka pun meneriaki Pak Presiden. "Pak Jokowi, Pak Jokowi," ujar warga.

Jokowi yang mendengarnya langsung melambaikan tangan kepada para warga yang sedang ikut aksi. Setelah bersepeda, Jokowi dijadwalkan melanjutkan kegiatan dengan blusukan ke Waduk Pluit, Jakarta Utara.

Aksi Dukung KPK

Aksi solidaritas bertajuk '#SaveKPK' di Car Free Day Jakarta digelar sejak Minggu pagi. Informasi demonstrasi tersebut sudah beredar sejak Sabtu, 24 Januari 2015. Dalam informasi itu, masyarakat yang ingin bergabung mengenakan baju putih.

Dalam aksinya, masyarakat membawa berbagai spanduk, umbul-umbul, hingga foto Bambang Widjojanto sebagai bentuk dukungan terhadap wakil Ketua KPK yang ditangkap Bareskrim Polri pada Jumat lalu. Orasi juga disampaikan baik oleh warga atau beberapa tokoh Indonesia.

Beberapa tokoh yang tampak terlihat, yakni Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja, mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Denny Indrayana, komisioner Komnas HAM Sandra Moniaga. (Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini