Jokowi Apresiasi Aksi Blusukan Wagub DKI

Oleh Andi Muttya Keteng pada 09 Jan 2015, 23:19 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat sejak dilantik akhir tahun lalu sering terlihat melakukan blusukan seperti yang sering dilakukan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat masih menjadi Gubernur DKI.

Lalu, apa tanggapan Jokowi melihat rekannya yang sesama kader PDI Perjuangan itu mengikuti jejaknya blusukan masuk keluar kampung?

"Itu kan fungsi kontrol. Kunjungan lapangan itu ngecek. Ngontrol, mengawasi," ucap dia usai memeriksakan gigi di pusat layanan kesehatan (Pusyankes) di Balaikota Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Menurut dia, memang setiap proses pembangunan proyek dan program pemerintah itu perlu diikuti dan diawasi. Mulai dari tahap rancangan hingga pembangunan. Sebab hal-hal seperti itu rawan penyelewengan.

Meskipun diakuinya tidak semua program bisa dipantau langsung oleh pimpinan daerah, namun paling tidak fungsi kontrol di tempat-tempat tertentu memang diperlukan. "Baik kota, kabupaten, provinsi, negara sama saja," ucap Jokowi.

Namun ia mengaku belum bisa memberi penilaian terhadap kinerja Pemprov DKI sepeninggalnya. Sebab, banyak program-program jangka panjang yang baru selesai di tahun ini ataupun tahun depan.

"Nanti dilihat tahun ini. Saya kira penataan organisasi yang udah dilakukan. Ya nanti hasilnya akan kelihatan tahun ini atau tahun depan," tutur dia. (Ado)

Tag Terkait