Sukses

Jokowi: Jadi Tuan Rumah KAA Ingatkan Dunia Kita Punya Peran Besar

Kemungkinan Konferensi Asia-Afrika (KAA) akan dihelat di dua kota yakni Jakarta dan Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan besar skala internasional yaitu Konferensi Asia-Afrika (KAA) ke-60 yang akan berlangsung pada April 2015. Dengan demikian, Indonesia bisa menunjukkan diri kepada dunia bahwa memiliki peran besar.
 
"Ini momentum yang sangat baik bagi negara kita untuk kembali mengingatkan kepada dunia bahwa kita mempunyai peran sangat besar saat itu, dan kita ingin memori dan ingatan itu diangkat kembali," ujar Presiden Joko Widodo dalam pembukaan rapat kabinet terbatas di Kantor Kepresidenan, Jumat (9/1/2015).

Untuk itu, lanjut Jokowi, pihak-pihak yang terlibat dalam peringatan ini harus benar-benar dan sebaik mungkin mempersiapakan segala yang dibutuhkan. Termasuk mengenai keamanannya, mengingat waktu acara ini hanya tersisa 3 bulan.

"Jadi perencanaan dan organisasinya harus segera diselesaikan," kata dia.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Armanatha Nasir dalam jumpa pers mingguan di kantor Kemlu menuturkan, meski belum menyebut tanggal pasti penyelenggaraan KTT Asia-Afrika, kemungkinan KAA akan dihelat di dua kota yakni Jakarta dan Bandung.

"Akan menjadi full summit dan akan dihadiri kepala negara," lanjut Armanatham Rabu 7 Januari.

Armanatha mengungkapkan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dijadwalkan akan meyampaikan perihal kegiatan ini kepada beberapa menlu negara-negara di Afrika pada 30 Januari 2015, dalam pertemuan Uni Afrika yang berlangsung di Ibukota Ethopia, Adis Ababa.

Konferensi Asia Afrika pertama kali digelar pada 18-24 April tahun1955. Indonesia dan negara lainnya seperti Myanmar, Srilanka, India, dan Pakistan menjadi inisiatornya. Selain untuk mempromosikan kerja sama ekonomi dan Asia-Afrika, gerakan ini juga dianggap sebagai sikap melawan kolonialisme Amerika Serikat dan Uni Soviet serta negara imperialis lainnya. Dan forum ini pula yang menjadi cikal bakal terbentuknya Gerakan Non-Blok pada 1961. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini