Sukses

Cuaca Buruk Masih Ganggu Basarnas Evakuasi Penumpang AirAsia

Dalam evakuasi penumpang AirAsia, Basarnas akan berhadapan dengan cuaca buruk hingga tanggal 4 Januari 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Basarnas terus melakukan evakuasi penumpang AirAsia QZ8501. Dalam proses evakuasi itu, tim mengalami hambatan karena gelombang laut yang tinggi.

"Kesulitannya adalah kondisi cuaca yang kurang bersahabat. Gelombang di daerah operasi antara 3-4 meter," kata Ketua Basarnas Marsda FH Bambang Soelistyo saat jumpa pers di Kantor Basarnas, Jakarta, Kamis (1/1/2015).

Soelistyo menuturkan, kondisi cuaca tersebut akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan. Meski begitu, kondisi ini tak membuat nyali timnya menjadi ciut dalam melakukan operasi evakuasi penumpang QZ8501 tersebut.

"Saya dan seluruh tim masih akan berhadapan dengan cuaca seperti ini setidaknya sampai tanggal 4 Januari," ujar Soelistyo.

Dia menggambarkan proses evakuasi jenazah dari KRI Yos Sudarso. Saat itu kondisi cuaca dalam kondisi yang tidak bersabahat. Sehingga helikopter tidak dapat mendarat di geladak kapal tersebut.

"Mengapa 1 jenazah saja diambil, itu pun tidak dapat mendarat di kapal (Yos Sudarso) itu, sehingga jenazah itu harus dibawa dengan tali bersama rescuer kita. Akhirnya heli tidak bisa kembali ke kapal," jelas Soelistyo.

Sementara itu 6 jenazah telah dibawa ke RS Bhayangkara Surabaya. Tim DVI Polda Jawa Timur saat ini telah berhasil mengidentifikasi satu jenazah berjenis kelamin wanita. Jenazah tersebut atas nama Hayati Lutfiah Hamid. Pihak AirAsia pun telah menyerahkan jenazah Hayati ke pihak keluarga setelah menerima dari Polda Jatim. 1 Jenazah lainnya belum diidentifikasi.

Sedangkan 4 jenazah lainnya yang baru tiba di RS Bhayangkara Surabaya adalah berjenis kelamin 2 wanita dan 2 laki. Keempat jenazah itu masih dalam proses identifikasi. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini