Blusukan Malam Natal, Wagub Djarot Beri Donasi ke Gereja

Oleh Andi Muttya Keteng pada 24 Des 2014, 20:46 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat berkeliling mengunjungi sejumlah gereja yang menggelar Misa Malam Natal 2014.

Dia didampingi Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Unggung Cahyono, Panglima Komando Daerah Militer Jaya Mayor Jenderal Agus Sutomo, dan Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta M Adi Toegarisman.

Di gereja pertama yakni Gereja Theresia, Menteng, Jakarta Pusat, Djarot mengucapkan selamat Natal kepada seluruh warga DKI yang merayakan.

"Selamat Natal 2014. Semoga di hari ini kita semua disinari cahaya kasih oleh Tuhan YME dan memancarkan rasa sayang kita kepada seluruh umat manusia, khususnya di DKI. Hingga kedamaian tetap bersemayam dan bersemi di hati warga DKI Jakarta," ucap Djarot yang disambut tepuk tangan para jemaat, Jakarta, Rabu (24/12/2014) malam.

Djarot yang mengenakan kemeja batik warna coklat itu, lalu menyerahkan bantuan uang tunai Rp 25 juta dalam amplop cokelat kepada pengelola gereja tersebut. "Ada bantuan untuk Gereja Theresia. Mohon diterima dengan baik," ucap dia.

Mantan Walikota Blitar itu kemudian meminta maaf tak bisa berlama-lama kepada jemaat gereja, karena harus melanjutkan kunjungan ke gereja lain.

Gereja kedua yang ia kunjungi adalah GKI Kwitang di Jakarta Pusat. Usai mengucapkan selamat Natal, Djarot juga mengungkapkan rasa syukurnya karena peringatan Natal tahun ini berjalan damai dan khidmat.

"Semoga bisa menyebar ke seluruh DKI dan Indonesia, sehingga menciptakan situasi aman, damai, bersatu, sesuai dengan Bhinneka Tunggal Ika," ucap dia.

Pendeta GKI Kwitang Lindawati Niman pun mengucapkan terima kasih atas kedatangan orang nomor 2 di Jakarta itu beserta jajaran Pemprov DKI.

"Pak Djarot dan seluruh jajaran yang datang bersama-sama pada malam hari ini, kami sangat berterima kasih dan kami berharap Bapak sekalian terus dirasakan pelayanannya di sekitar Jakarta," kata Lindawati.

Pengaman

Guna mengamankan Misa Malam Natal 2014 di DKI Jakarta, Polda Metro Jaya mengerahkan sebanyak 3.941 personel gabungan. Pengamanan itu dimulai usai apel Misa Malam Natal yang digelar sore tadi.

"Kekuatan anggota kita 3.941 personel kita. Baik di DKI maupun wilayah lain," kata Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Unggung Cahyono saat tiba di Balaikota Jakarta, Rabu (23/12/2014).

Unggung mengatakan, ribuan polisi itu tersebar di 300 gereja di Ibukota yang menggelar Misa Malam Natal. 3 Jam sebelum pelaksanaan Misa, pihaknya terlebih dulu melakukan sterilisasi dilanjutkan pengamanan terbuka dan tertutup.

Selain itu, kata Unggung, ada 120 pos pengamanan yang bersiaga 24 jam. Begitu juga dengan patroli dengan roda 2 maupun roda 4 di setiap wilayah.

"Personelnya dari Polda, satgas Polda, satgas Polres dan DPKO (divisi di kepolisian Departemen Operasi Penjaga Perdamaian PBB) dari Mabes Polri. Yang di Mako Brimob kita laksanakan patroli besar, itu gabungan antara TNI dan Polri," jelas Unggung.

Malam ini Kapolda Unggung bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat bersama Pangdam Jaya Mayjen Agus Sutomo, serta jajaran pejabat Pemprov DKI Jakarta lainnya melakukan kunjungan Misa Malam Natal ke sejumlah gereja. (Rmn/Yus)