Sukses

Berkicau di Twitter, Ical Dukung Perppu Pilkada Langsung

Padahal sebelumnya dalam Munas Bali, kubu Ical menolak perppu tersebut dan lebih mendukung pilkada melalui DPRD.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Golkar kubu ketua umum hasil Munas Bali Aburizal Bakrie atau Ical akhirnya mendukung Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Pilkada Langsung yang dikeluarkan oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Padahal sebelumnya dalam munas partai berlambang pohon beringin tersebut di Nusa Dua, Bali, 30 November hingga 3 Desember 2014, kubu Ical menolak perppu tersebut dan lebih mendukung pilkada melalui DPRD.

Dalam kicauan di akun Twitter-nya @aburizalbakrie, pria yang akrab disapa Ical itu akhirnya mendukung Perppu Pilkada langsung.

Menurut Ical, Partai Golkar telah membuat menandatangani perjanjian dengan Partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) pada awal Oktober 2014 lalu. Salah satu poin dalam perjanjian tersebut yakni mendukung perppu usulan pemerintah, yakni pilkada secara langsung.

"Dlm kesepakatan itu jg,pd pasal 2 menyatakan: "Kami bersepakat untuk mendukung Perppu usul pemerintah terhadap UU Pilkada," kicau Ical, Selasa (9/12/2014).

Meski hasil Musyawarah Nasional (Munas) IX Partai Golkar di Nusa Dua, Bali menghasilkan penolakan terhadap pilkada langsung, Ical mengakui dukungan terhadap pilkada langsung sudah sesuai dengan kepentingan rakyat dan perjanjian antar-KMP pada awal Oktober 2014 lalu.

"Meskipun demikian, setelah melihat: a) keinginan masyarakat luas untuk tetap melaksanakan Pilkada Langsung, b) kesepakatan awal bulan Oktober antara 6 partai-partai tersebut diatas, c) pembicaraan dengan partai-partai dalam KMP. Maka Partai Golkar akan mendukung Perppu usul Pemerintah tentang UU Pilkada tersebut," tambah Ical. (Ans/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini