Sukses

27-11-2005: Transplantasi Wajah Pertama di Dunia

Wanita asal Prancis, Isabelle Dinoire menjadi orang pertama yang mencangkok wajahnya.

Liputan6.com, Valenciennes - Tepat sembilan tahun yang lalu, untuk yang kali pertama, operasi transplantasi dilakukan di dunia. Isabelle Dinoire menjadi orang pertama yang mencangkok wajahnya.

Wajah wanita asal Valenciennes, Prancis itu terkoyak digigit anjing. Ibu dua anak itu awalnya dilaporkan mengalami overdosis obat tidur dalam upaya bunuh diri. Dia pun pingsan dan tergeletak di lantai.

Saat itu, anjing milik Isabelle mencoba membangunkannya. Namun hewan tersebut malah menggigit wajah sang majikan hingga bentuk wajahnya tak teratur. Binatang tersebut ditengarai panik karena majikannya tiba-tiba seperti mati.

Isabelle kemudian terbangun dengan muka yang dilumuri darah. Saat bercermin, ia sungguh terkejut melihat wajahnya. Bagian bawah wajah Isabelle rusak, tepatnya pada mulut, hidung, bibir, dagu, dan pipi. Kerusakan terparah terjadi pada mulut.

"Saat menyadari wajahku berdarah, aku tak bisa bayangkan seperti apa wujudnya. Aku juga bingung saat itu, apakah ini hanya darah atau mukaku yang rusak," ujar Isabelle, seperti Liputan6.com kutip dari BBC, Kamis (27/11/2014).


Sebelum operasi (kiri), sesudah operasi (tengah), beberapa tahun setelah operasi (kanan) - Credits: Oddee.com

Isabelle segera ke rumah sakit. Dokter langsung menyarankan dirinya untuk melakukan rekonstruksi wajah secara rutin. Tim medis juga menyarankan wanita itu untuk melakukan transplantasi wajah. Ia harus mendapatkan jaringan kulit baru pada wajahnya ditambah hidung baru dan mulut.

Pada 27 November 2005, akhirnya Isabelle menjalani operasi transplantasi di Centre hospitalier Universitaire Nord, Kota Amiens, Prancis. Operasi dilakukan oleh dokter Professor Bernard Devauchelle yang dibantuk Professor Jean-Michel Dubernard. Berkat pendonor organ dan tangan dingin dokter, bentuk wajah wanita 46 tahun itu membaik.

Tak ada perubahan dalam kepribadian Isabelle setelah menjalani transplantasi. Namun ada yang berbeda dalam penampilannya. Isabelle merasakan perubahan 'warisan' fisik dari pendonornya, termasuk rambut baru yang tumbuh dari dagunya.

"Saya tidak pernah memilikinya. Kamu tahu apa yang jadi milikmu tapi ada saat yang sama, 'dia' hadir di sana. Saya membuatnya hidup tapi rambut ini adalah miliknya".

Di Indonesia, operasi cangkok wajah yang fenomenal pernah dilakukan terhadap Siti Nur Jazilah alias Lisa, perempuan nahas yang wajahnya hancur akibat disiram air keras.

Wajah Lisa dioperasi tim dokter RSUD Dr Soetomo, Surabaya dalam beberapa tahap, salah satu di antaranya operasi dengan menggunakan teknik bedah mikroskop yang merupakan pertama kali di Indonesia. Para dokter saat itu mencangkok kulit wajah yang diambil dari punggung.

Pada 27 November 1895, Alfred Nobel menandatangani wasiat yang memulai penganugerahan Penghargaan Nobel di Swedish-Norwegian Club di Paris. Sejarah juga mencatat pada Pada 27 November 1924, untuk yang kali pertama, perayaan Macy's Thanksgiving Day diselenggarakan di New York, Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.