Sukses

PKB: Jokowi-JK Tak Usah Khawatir dengan Interpelasi BBM

Menurut Lukman, DPR hanya meminta penjelasan dalam kebijakan tersebut, mengenai asumsi-asumsi kenaikan harga BBM secara formal.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di MPR Lukman Edy mengatakan, penjelasan mengenai kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM sebelumnya telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Jokowi-JK) sebelum keduanya dilantik.

Karena itu ia menilai, niatan fraksi-fraksi di DPR yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) yang akan mengajukan hak interpelasi soal kenaikan harga BBM bersubsidi, adalah sebagai langkah ingin mengetahui secara keseluruhan alasan pemerintah.

"Bagi anggota DPR yang menggunakan haknya, ini kan untuk meminta penjelasan pemerintah secara komprehensif," kata Lukman di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (24/11/2014).

Karena itu, Lukman berujar, Jokowi-JK untuk tidak perlu khawatir akan langkah KMP yang mengajukan interpelasi. Sebab, DPR hanya meminta penjelasan dalam kebijakan tersebut, mengenai asumsi-asumsi kenaikan BBM secara formal.

"Saya kira Pak Jokowi dan JK tidak usah khawatir mengenai interpelasi anggota DPR. Ini hanya kebutuhan formal, Pak Jokowi jangan terlalu khawatirlah mengenai ini," ujar dia.

Lukman menjamin, jika seluruh fraksi di Koalisi Indonesia Hebat (KIH) atau fraksi yang mengusung pemerintah Jokowi-JK, akan membantu dengan memberikan argumen bahwa masyarakat dapat menerima kenaikan harga BBM bersubsidi itu.

"Fraksi PKB serta fraksi pendukung pemerintahan pasti akan membantu, sehingga nanti waktu akan membuktikan masyarakat akan menerima kebijakan BBM," ucap dia. (Ado/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini