Sukses

Video Penampakan Ikan Mengerikan 'Black Seadevil'

Di perairan gelap dan dalam di California Coast, hidup seekor ikan dengan penampilan yang mengerikan.

Liputan6.com, Jakarta - Di perairan gelap dan dalam di California Coast, hidup seekor ikan dengan penampilan yang mengerikan. Makhluk yang belum banyak dipahami itu baru tertangkap kamera enam kali sepanjang sejarah.

Baru-baru ini, The Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) berhasil merekam ikan jenis anglerfish itu.

Menurut MBARI, ikan angler tersebut sangat jarang diamati di habitat alami mereka yang terlekat di kedalaman 2.000 kaki atau 609 meter di bawah permukaan laut di Monterey Canyon.

Dan ini adalah gambar dan rekaman video pertama yang menunjukan ikan berjuluk 'Black Seadevil' yang berjenis kelamin betina.



Dr Bruce Robison dari MBARI mendeskripsikan bahwa ikan angler tersebut adalah "salah satu ikan di lautan dalam yang paling jarang terlihat." Demikian dikutip Liputan6.com dari CNN, Senin (24/11/2014).

Meski penampakannya terlihat mengancam, dengan gigi runcing dan taring mengerikan, ikan dalam video tersebut hanya memiliki panjang 3,5 inchi atau kurang dari 9 cm.

Ikan kecil tapi mengerikan tersebut dinamakan 'Black Seadevil' karena cara makannya. Ia menggunakan ujung taringnya yang mencuat dan mengeluarkan sinar untuk menarik mangsa.



Lalu mereka merenggut mangsa -- ikan-ikan kecil atau cumi, dengan gigi yang panjang dan tajam.

Ikan tersebut pernah ditampilkan di film kartun Finding Nemo, di mana tokoh kartun Nemo dan Dory tertarik dengan kerlip cahaya dan nyaris jadi mangsa.

Untuk mengabadikan makhluk itu, tim MBARI menggunakan Doc Ricketts, yang dioperasikan menggunakan remote.

"Ini berarti kita 'menerbangkan' robot melalui air pada serangkaian kedalaman berbeda (10 menit lamanya di masing-masing kedalaman) dan menghitung semua jenis hewan yang kita lihat," kata juru bicara MBARI, Kim Fulton-Bennett.

Temuan 'Black Seadevil', menurut ilmuwan, menunjukkan bahwa dalamnya laut masih menyimpan banyak misteri. Masih banyak ikan dan makhluk lain yang belum kita ketahui. (Ein/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini