Sukses

Alasan Jokowi Batal Umumkan Kabinet Malam ini

Sebelumnya Jokowi mengatakan ada 33 menteri yang akan membantu pemerintahannya.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto memastikan bahwa pengumuman susunan kabinet Jokowi-JK batal disampaikan pada malam ini. Menurut Andi, hingga malam ini Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Jusuf Kalla (JK) masih melakukan analisa terkait laporan KPK dan PPATK terkait nama-nama calon menteri yang telah dilaporkan sejak malam ini.

"Menyampaikan ke teman-teman media bahwa pengumuman kabinetnya tidak malam ini, Pak Jokowi masih melakukan beberapa pemikiran, sehubungan dengan analisis dari KPK yang diberikan dari pimpinan KPK," ujar Andi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat, (24/10/2014).

Esok harinya, Andi mengatakan Jokowi akan menerima pimpinan DPR di Istana Merdeka. Para pimpinan DPR rencananya akan membawa surat balasan Jokowi terkait surat pertimbangan yang diajukan Jokowi  ‎kepada DPR. Besok Pak Jokowi akan menerima pimpinan DPR  atas peruban nomenklatur kementreian," kata dia.

Terkait empat nama calon menteri yang diberikan KPK kepada Presiden Jokowi. Hasil pemeriksaan terhadap nama-nama tersebut sudah diserahkan kembali ke Presiden Jokowi. Lalu, siapa nama-nama tersebut? Andi enggan menyebutnya.

"Tidak diinfokan ke semua oleh Pak Jokowi, 15 menit yang lalu, Pak Jokowi memberitahukan saya agar tidak diberi tahu, menunggu juga agar tidak memberikan lama-lama malam ini," tandas Andi.

Sebelumnya Jokowi mengatakan ada 33 menteri yang akan membantu pemerintahannya. Jokowi pun menyerahkan sejumlah calon menteri itu ke KPK untuk diperiksa rekam jejaknya.

Dari hasil penelusuran KPK, beberapa nama di antaranya dinyatakan terindikasi dugaan kasus korupsi. Setelah menerima rekomendasi KPK, Jokowi kemudian menggodok ulang nama-nama calon menteri, dan menyerahkan nama baru ke KPK untuk diselidiki.

Jokowi sebelumnya juga mengirimkan surat perubahan nomenklatur susunan kabinet ke DPR. DPR kini sudah memberikan surat balasan terkait perubahan dalam struktur kabinet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini