Sukses

Lengan Raksasa dan Paruh Bebek, Ini Dinosaurus Paling Aneh?

Sebuah misteri dinosaurus yang menyandera para ahli palaeontologi selama 50 tahun, akhirnya terpecahkan.

Liputan6.com, Seoul - Sebuah misteri dinosaurus yang menyandera para ahli palaeontologi selama 50 tahun, akhirnya terpecahkan.

Semua berawal pada tahun 1960-an, kala itu para arkeolog mengekskavasi dua lengan raksasa dinosaurus. Selama beberapa dekade, peneliti bertanya-tanya apa gerangan makhluk itu.

Kini, seluruh tubuh dinosaurus itu telah ditemukan. Para peneliti mengatakan, ternyata makhluk itu lebih aneh dari apa yang mereka perkirakan.

Dinosaurus itu bertubuh besar, berparuh, dengan punuk besar di punggung, juga kaki berkuku. Hasil studi itu dipublikasikan di jurnal Nature.

Kepala peneliti Yuong-Nam Lee dari  Institute of Geoscience and Mineral Resources (Kigam) Korea Selatan mengatakan, hasil penelitian mereka tak terduga.

"Ternyata itu menjadi salah satu dinosaurus paling aneh. Saking uniknya, di luar imajinasi kita," kata dia seperti dimuat BBC, Kamis (23/10/2014).

Selama lebih dari setengah abad, satu-satunya hal yang diketahui tentang dinosaurus itu adalah bahwa ia punya lengan raksasa, sepanjang 2,4 meter, ada 3 cakar besar di ujungnya.

Makhluk itu diberi nama Deinocheirus mirificus. Sejumlah upaya rekonstruksi menguak hewan itu punya kombinasi yang aneh, misalnya tangan raksasa yang mengerikan. Beberapa ilmuwan beranggapan, ia mirip predator T. rex yang menggunakan cakarnya untuk menangkap mangsa. Ada juga yang mengira lengan itu milik hewan mirip sloth (mamalia paling lamban) yang menggunakan tangannya untuk bergantungan di pohon.

Namun, temuan 2 kerangka yang nyaris utuh di Mongolia menyingkirkan semua spekulasi itu.

Paruh Bebek



Tim internasional mengatakan, tubuh mkhluk itu sangat besar, panjangnya sekitar 11 meter dan beratnya 6 ton. Ia punya kepala memanjang dengan paruh mirip bebek, juga punuk besar di punggung.

Kaki-kakinya pendek dan kekar, namun dilengkapi kuku yang besar, yang mungkin mencegah hewan itu terperosok di rawa berlahan basah yang jadi habitatnya.

Para peneliti berpendapat, makhluk itu mungkin bergerak sangat lamban. Isi perutnya yang sudah jadi fosil menunjukkan mereka pemakan tanaman dan ikan. Bukan pemangsa daging.

"Kami awalnya tak tahu apa fungsinya. Namun, tangan yang panjang dengan cakar raksasa mungkin digunakan untuk menggali dan mengumpulkan tanaman herba di habitat air tawar."

Mengomentari hasil penelitian, Profesor John Hutchings, ahli palaeontologi dari Royal Veterinary College mengatakan, sejumlah penggemar dinosaurus yang melihat foto lengan tersebut, mereka merasa itu adalah luar biasa. "Orang pun bertanya-tanya seperti apa penampakan makhluk itu seutuhnya," kata dia.

"Dan kini kita tahu, ternyata hewan itu begitu aneh-- kita tak pernah menyangka penampakannya terlihat begitu unik."

Profesor Hutchings menambahkan, fitur aneh pada hewan itu mengubah pandangan tentang dinosaurus, juga kemungkinan bentuk mereka, bahkan yang teraneh sekalipun. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini