Sukses

Anak Jokowi, Kahiyang Ayu Ikut Tes CPNS di Solo

Anak Jokowi nomor dua, Kahiyang Ayu ikut mendaftar CPNS Kota Solo. Ikut tes yang bertempat di Bakorwil Jawa Tengah.

Liputan6.com, Solo - Anak Jokowi, Kahiyang Ayu ikut mendaftar CPNS Kota Solo. Putri Presiden RI itu dijadwalkan ikut tes tertulis dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), Kamis 23 Oktober 2014. Bertempat di Bakorwil Jawa Tengah.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo sebagai penyelenggara tes CPNS di Solo menyatakan, tidak akan memberikan pengamanan khusus selama Kahiyang mengikuti ujian itu.

Kepala BKD Solo Hari Prihatno mengatakan, putri kedua pasangan Jokowi dan Iriana itu memang telah dinyatakan lolos tes seleksi administrasi. Selanjutnya, pihak panitia mengirimkan surat panggilan untuk tes seleksi lanjutan.

"Kalau dia mau ikut tes seleksi jadwalnya pada hari Kamis tanggal 23 Oktober mendatang. Tapi kalau dia mau berangkat lho, karena itu merupakan hak pribadi untuk ikut tes atau tidak," kata Hari di Solo, Selasa (21/10/2014).

Disebutkan Hari, Kahiyang ikut tes seleksi untuk formasi Pemeriksa Pertama di lingkungan Pemkot Solo. Formasi tersebut memang terbuka untuk semua jurusan. Sedangkan, putri Jokowi itu merupakan lulusan Teknologi Pangan.

Anak Jokowi yang satu ini merupakan sarjana pertanian lulusan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta. Kahiyang lulus dari kampus tersebut dan diwisuda pada akhir tahun lalu, tepatnya 7 Desember 2013.

Dikatakan Hari, sebagai putri presiden, pihaknya tidak akan memberikan perlakuan maupun pengamanan khusus kepada Kahiyang. Ia tetap akan mendapatkan perlakuan sama seperti para peserta tes seleksi CPNS pada umumnya.

"Dari kami maupun dari arahan Pak Walikota Solo bahwa tidak akan ada perlakuan khusus terhadap putri presiden," papar Hari.

Meski tidak memberikan pengaman secara khusus, namun pihaknya tidak mengetahui jika nantinya pihak paspampres yang akan memberikan pengamanan untuk Kahiyang Ayu.

"Sekali lagi tidak ada perlakuan khusus. Wong Pak Jokowi saja waktu menjabat sebagai walikota dulu paling nggak seneng kalau ada perlakuan khusus kepada keluarganya. Biasanya beliau tidak berkenan, jadi kami bisa memahaminya," tutur Hari.

Tes seleksi CPNS yang diikuti anak Jokowi nomor dua di lingkungan Pemkot Solo ini, telah dilakukan sejak tangga 20 Oktober kemarin di Gedung Grha Bakorwil Surakarta. "Tes seleksi ini akan selesai pada tanggal 27 Oktober nanti," ujar Hari. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini