Sukses

Pradista Machdala, Pengatur Blusukan yang Kerap Dikerjai Jokowi

Menurut pria kelahiran 3 Maret 1990 itu, Jokowi adalah sosok yang suka melempar guyon atau mengajaknya bercanda.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi blusukan Presiden RI Joko Widodo selama menjabat gubernur DKI Jakarta terbilang sukses memikat hati rakyat Indonesia.

Di balik keberhasilan Jokowi selama ini, ada salah satu nama yang turut membantu tugas Jokowi dalam hal-hal yang bersifat administratif, dia adalah adalah Pradista Machdala‎, PNS di Biro Kerja Sama Kepala Daerah dan Luar Negeri Pemprov DKI Jakarta yang ditugaskan sebagai asisten Jokowi.

Lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) itu selama ini menjadi orang yang mengatur hal-hal yang bersifat administrasi dan kegiatan blusukan Jokowi. Tidak hanya itu, Dista adalah orang yang banyak memberikan informasi dan data kepada Jokowi sebelum Jokowi blusukan ke suatu wilayah.

"Juga gak kalah penting, tugas untuk merapikan administrasi bapak," ujar Pradista di kediaman dinas Gubernur DKI Jakarta, Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 20 Oktober 2014.

Menurutnya, Jokowi tidak jarang mengambil keputusan untuk blusukan ke suatu wilayah secara mendadak. ‎Aksi itu awalnya membuat Dista bingung. Namun, dia harus menerima tanggung jawab tersebut dan terus menjalaninya sebagai tugas dan kewajiban.

"Bapak itu orangnya gak bisa ditebak. Misalnya mau blusukan nih, kita gak tahu blusukan ke mana. Terus tiba-tiba dalam pikiran Bapak mau ngecek pembangunan pasar. Ya, langsung ke pasar, spontan. Kalau mau normalisasi sungai, biasanya mau mengetahui perkembangannya lebih jauh, ya ke sana," kata dia.

Dikerjai Jokowi

"Terus mau ngecek transportasi, bagaimana kendala transportasi, ya sudah langsung ke sana. Pokoknya dadakan deh. Dan kita sebagai ajudan harus siap dan sigap. Dalam situasi apa pun, kita harus siap," lanjut Dista.

Menurut pria kelahiran 3 Maret 1990 itu, Jokowi adalah sosok yang suka melempar guyon atau mengajaknya bercanda. Dalam suatu kesempatan, Jokowi sering bertanya hal-hal yang kurang penting. 

"Bercandaannya, misalnya, saya lagi diam di mobil, beliau nanya, kok kamu diem aja? Ada masalah? Saya jawab nggak," kata dia.

Dista juga kerap membantu Jokowi saat sedang memberikan materi kuliah umum. Jokowi menjadikan Dista untuk maju ke atas panggung bersamanya. Keterlibatan Dista menjadikan kuliah umum Jokowi kaya humor dan tidak terlalu serius.

Aksi Dista itu biasanya mengundang tawa hadirin yang menyaksikan kuliah umum Jokowi. Menjadi bahan tertawaan, Dista justru mengaku senang karena dapat membantu Jokowi menghibur orang.

"Saya tidak merasa kesal, ya biasa aja. Untuk menghibur orang ikhlas saja. Itu kan membantu Bapak menghibur orang," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini