Sukses

Hari Pertama Jadi Presiden, Jokowi Penuhi 2 Janji

Jokowi menunaikan 2 janji yang pernah diucapkan usai dilantik sebagai Presiden ke-7 RI.

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari pertama, Presiden Jokowi memenuhi janjinya, yaitu masih bisa diwawancarai (doorstop) oleh para wartawan di Istana.

Doorstop pertamanya dilakukan usai bertemu dengan Perdana Menteri Australia, Tony Abbott di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/10/2014) malam. Jokowi menjawab pertanyaan wartawan dan menjelaskan hasil pertemuannya dengan PM Malaysia, PM Singapura, dan PM Australia.

Selain itu, doorstop kedua juga dilakukannya usai mengantar Menteri Luar Negeri AS, John Kerry balik dari Istana Merdeka. Tak heran, hal ini membuat Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sedikit heran dan kewalahan.

"Ini Presiden lho, ini Presiden, jangan digituin," ujar salah satu anggota Paspampres di Istana Merdeka.

Bukan hanya itu, Jokowi usai mengadakan wawancara eksklusif dengan salah satu televisi swasta nasional, tak sungkan-sungkan menyalami warganya di depan pagar Istana yang biasanya jarang sekali didatangi.

Para warga juga ikut meneriaki Jokowi dan memberikan semangat. "Pak Jokowi, Pak Jokowi. Pak Jokowi, selamat bekerja, Pak," ujar warga yang hingga malam hari masih memadati pagar Istana Merdeka.

Jokowi mengatakan memberi kebebasan wawancara langsung kepada awak media ketika nanti menjabat sebagai pemimpin negara dengan cara doorstop. "Doorstop terus," kata Jokowi.

Selain itu, dirinya juga berjanji akan blusukan. Sama persis dengan melewati rumput-rumput di Istana Merdeka dan kemudian menyalami warga yang masih menunggu Jokowi dengan setia. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini