Sukses

Video Sinkhole Raksasa Telan 6 Nyawa di Crimea

Sinkhole raksasa mendadak terbentuk di tengah jalan, sulit untuk dihindari mobil nahas. Lebar 8 meter dan kedalamannya 6 meter.

Liputan6.com, Simferopol - Tanpa peringatan, sinkhole raksasa terbentuk di tengah jalan dan menelan 6 nyawa. Empat orang dewasa dan 2 anak-anak tewas setelah mobil yang mereka naiki jatuh ke lubang runtuhan yang menganga di tengah jalan utama dekat Simferopol, ibukota Crimea -- yang baru-baru ini memisahkan diri dari Ukraina.

Rekaman video menunjukkan mobil yang hancur di dekat dasar sinkhole. Sesaat setelah kejadian terdengar suara menyayat hati, tangisan anak-anak yang tak berdaya mengharapkan bantuan.

Saat kejadian tak ada cara dan kesempatan bagi Ibrail Eskandarov, yang berada di balik kemudi, untuk menghindari lubang menganga yang mendadak muncul di depan kendaraannya pada malam hari.

Pria 34 tahun itu sudah menekan rem kuat-kuat, namun itu tak kuasa menghentikan mobilnya masuk lubang. Ia jatuh bersama istrinya Eskandarova (33), dan anak-anaknya -- kembar Asan dan Muslim (3), serta Aliye (16).

Teman keluarga itu, Salimova Asiye (37) juga meninggal dunia dalam kejadian tersebut. Sementara, 2 anak Salimova -- Serim yang baru berusia 12 bulan dan Levida yang berumur 12 tahun dirawat di rumah sakit karena mengalami cedera serius. Diharapkan keduanya bisa bertahan dan tetap hidup.

Seperti dikutip dari News.com.au, Selasa (30/9/2014), para pekerja penyelamat mengatakan, lubang raksasa yang berukuran lebar 8 meter dan dalam 6 meter tiba-tiba muncul di tengah jalan, tepat di depan mobil nahas tersebut.

Aspal jalan, kabel listrik, lampu menerangan, dan reruntuhan jalan ikut tertelan lubang sinkhole.  Petugas sempat kewalahan melakukan evakuasi di tengah kondisi gelap gulita tanpa penerangan jalan.



"Kami mengerahkan 43 petugas penyelamat ke lokasi kejadian, juga 16 kendaraan. Kami berupaya menyelamatkan seorang bocah kecil dan seorang gadis cilik berusia 12 tahun. Bayi laki-laki itu mengalami cedera serius di bagian kepala dan masih dalam kondisi koma. Sementara kakaknya mengalami patah tulang di beberapa titik. Keduanya masih menjalani perawatan intensif," kata dia.

Kecelakaan terjadi di jalan raya di antara Kota Simferopol di semenanjung Crimea, yang jadi obyek sengketa dan desa Nikolaevka. 



Seorang juru bicara Kementerian Darurat mengatakan, mustahil pengendara bisa menghindari lubang tersebut, apalagi jalanan gelap saat tragedi terjadi.

Dia menambahkan, 6 orang yang kehilangan nyawa diduga tewas seketika dalam musibah itu. Sejauh ini belum diketahui apa yang membuat sinkhole terbentuk, masih dalam penyelidikan. (Tnt)

Baca juga: Fakta Lubang Sinkhole Yang Bisa Selamatkan Nyawa Anda!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.