Sukses

Ketua DPRD DKI Baru Minta Anggotanya Tak Sering Bolos

Setelah sempat tertunda, pimpinan DPRD DKI Jakarta akhirnya dilantik pada Jumat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat tertunda, pimpinan DPRD DKI Jakarta akhirnya dilantik pada Jumat ini. Bertempat di ruang rapat paripurna DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Kelima pimpinan DPRD yang dilantik tersebut, yaitu Edi Prasetyo Marsudi dari Fraksi PDIP sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta. Sementara 4 wakil ketua yang dilantik, yakni M Taufik dari Gerindra, Triwisaksana dari PKS, Abraham Lulung Lungguana dari PPP, dan Ferrial Sofyan dari Partai Demokrat.

Usai dilantik, Ketua DPRD DKI Jakarta Edi Prasetyo Marsudi mengatakan, dirinya bersama dengan anggota DPRD DKI lainnya akan segera melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi). Ia juga meminta kepada 105 anggota DPRD lain untuk lebih rajin dalam mengadiri rapat-rapat yang diagendakan.

"Kami mengajak seluruh anggota dewan untuk menunjukkan kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Seperti dalam menghadiri rapat dewan, baik rapat kelengkapan Dewan dan rapim (rapat pimpinan) Dewan. Khususnya rapat paripurna harus hadir, agar kita tetap solid dalam menjalankan tugas," ujar Prasetyo, Jumat (26/9/2014).

Dengan selalu hadir dalam setiap rapat yang digelar, ‎diharapkan dapat meningkatkan citra DPRD di masyarakat. Selain itu, anggota DPRD juga diminta agar mendukung program-program Pemprov DKI Jakarta dalam mengatasi berbagai masalah di Ibukota berupa kemacetan, banjir, serta kesehatan.

Dalam sambutannya usai dilantik, ia pun mengingatkan eksekutif untuk dapat memaksimalkan penyerapan anggaran. Terlebih hingga triwulan ketiga penyerapannya masih di bawah 30 persen dari APBD, yakni sebesar Rp 72,9 triliun.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi yang hadir dalam acara tersebut berharap agar kerjasama yang baik antara legislatif dan eksekutif bisa ditingkatkan. Sehingga diharapkan bisa menghasilkan output yang baik bagi warga Jakarta.

"Mari jalin saling pengertian antara legislatif dan eksekutif dapat berjalan secara selaras, serasi dan seimbang," ujar Jokowi.

Selain dihadiri oleh Gubernur Jokowi yang juga merupakan presiden terpilih itu, turut hadir Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan perwakilan dari Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan para pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini