Sukses

Ahok Minta PNS DKI Tak Pakai Seragam Hitam-Putih

Ahok tak sepakat alasan PNS mengenakan kemeja putih dapat menghilangkan kesan birokrat dan menjadi lebih ramah melayani.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini ada 2 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di kalangan Pemprov DKI yang tidak mengenakan pakaian dinas harian (PDH), yakni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas Pelayanan Pajak DKI. PNS di kedua dinas tersebut sehari-hari menggunakan kemeja putih serta bawahan hitam.

Untuk itu, ‎Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta seluruh PNS DKI dan SKPD lain mematuhi penggunaan seragam dinas harian.

"Saya tidak mau lagi (ada PNS) yang hanya berpakaian itu (hitam-putih), karena nanti masyarakat memandang kita itu seperti bukan PNS," tegas Ahok di Balaikota Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan, tidak sepakat atas keputusan 2 SKPD itu yang berpendapat dengan berkemeja putih dapat menghilangkan kesan birokrat dan menjadi lebih ramah melayani.

Karena menurut Ahok, berganti seragam tak akan berguna jika kelakuan dan sifat para pegawai masih ada yang menyalahgunakan anggaran.

"Sekarang kan persepsi orang tentang PNS seolah-olah payah, lamban, korupsi."

‎"Kalau pakai baju yang bukan berciri khas kita, masyarakat justru melihat, 'nanti jangan-jangan DKI memperkerjakan orang dari luar atau swasta, nih'. Padahal Anda kan PNS DKI juga. Jangan lagi berganti pakaian, reformasi birokrasi kita mulai sekarang," tukas Ahok. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.