Sukses

Pria Penggadai 90 Mobil Rental di Ciputat Diringkus

Namun dari tangan Chairul, polisi baru menyita 14 mobil. Sementara 76 kendaraan lainnya masih dalam penyelidikan.

Liputan6.com, Jakarta - Polsek Ciputat, Pamulang, Tangerang, Banten meringkus pria bernama Chairul yang diduga menggelapkan mobil rental. Tak hanya pelaku, polisi juga mengamankan belasan mobil hasil kejahatan itu.

Kapolsek Ciputat Kompol Burhanudin mengatakan, penangkapan Chairul berawal dari laporan seorang pemilik rental mobil bernama Yasin Tereseno. Yasin tak lain majikan Chairul.

"Pelaku bernama Chairul, ditangkap setelah seorang pemilik rental bernama Yasin Teresona (44) melapor ke polisi," ujar Burhanudin dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Burhanudin menjelaskan, kejadian itu berawal saat Chairul mengajukan peminjaman 1 mobil kepada Yasin. Yasin adalah pemilik rental mobil PT Cendikia Okta Bersama yang beralamat di Jalan Poncol Raya, Kelurahan Cireundeu, Ciputat Timur.

"Mobil itu menurut pelaku akan disewakan kepada seorang pelanggan. Akhirnya, korban setuju untuk meminjamkan dengan biaya Rp 4 juta per bulannya," tegas dia.

Setelah disewakan kepada Chairul, kata Burhanudin, ternyata tak pernah terlihat lagi dikembalikan. Bahkan uang sewa pun tak pernah dibayarkan selama beberapa bulan. Yasin pun geram karena merasa tertipu dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Ciputat.

"Setelah ditelusuri, akhirnya Senin 8 September Chairul berhasil ditangkap petugas di kawasan Gaplek," ungkap dia.

Selain menangkap Chairul, lanjut Burhanudin, polisi juga menyita barang berupa 14 unit mobil, yang diduga digelapkan Chairul untuk digadaikan. "Pelaku bukannya membayar sewa, malah menggadaikan mobil hasil curiannya kepada orang lain," papar dia.

Bahkan, menurut Burhanudin, dari keterangan Chairul di hadapan polisi, mengaku telah menggelapkan 90 mobil untuk digadaikan. Namun dari tangan Chairul, polisi baru menyita 14 mobil. Sementara 76 kendaraan lainnya masih dalam penyelidikan.

Korban tak hanya Yasin. Menurut Burhanudin, sedikitnya ada 89 kendaraan dari pemilik kendaraan pribadi. Namun, kendaraan dari berbagai merek itu masih ditelusuri keberadaan‎nya.

"Karena sudah tersebar ke mana-mana. Dia dapat tidak dari pemilik rental saja, tapi punya pribadi juga ada," ungkap dia.

‎Akibatnya Chairul yang saat ini mendekam di Mapolsek Ciputat diganjar Pasal 378 jo 372 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini