Sukses

Gus Sholah: Demonstrasi Anti-AS Tak Mengganggu Hubungan

Hubungan Indonesia-AS tak akan berpengaruh meski dibumbui demonstrasi. Aset Amerika di Indonesia dinilai cukup besar. Justru AS yang harus mempertahankan hubungan baik.

Liputan6.com, Jakarta: Maraknya unjuk rasa anti-Amerika Serikat belakangan ini, diharapkan tak mempengaruhi hubungan Indonesia dan AS. Justru sebaliknya, AS harus menjaga hubungan lantaran asetnya yang besar di Indonesia. Hal ini diutarakan Ketua Dewan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Sholahuddin Wahid, baru-baru ini.

Di sisi lain, Gus Sholah --sapaan akrab Sholahuddin Wahid-- juga mengingatkan masyarakat Indonesia agar tak berlebihan dalam menanggapi rencana penyerangan AS ke Afghanistan tersebut. Diakuinya, saat ini, ada sejumlah warga Indonesia yang berdalih solidaritas muslim melakukan demonstrasi anti-AS. Bahkan, tak tertutup kemungkinan, demonstrasi itu disertai perusakan aset dan intimidasi fisik terhadap warga AS.

Menurut adik kandung mantan Presiden Abdurrahman Wahid itu, tindakan tersebut bakal merugikan citra Indonesia. Selain itu, juga berpotensi negatif terhadap kunjungan wisatawan asing ke Indonesia. Sebenarnya, Gus Sholah tak melarang masyarakat Indonesia berunjuk rasa. Namun, semuanya harus dilakukan secara santun. Untuk itu, masyarakat Indonesia mesti mematuhi aturan-aturan hukum.(SID/Alfito Deannova dan Eko Purwanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini