Sukses

Sekelompok Pemuda Ini Ajak Masyarakat Contoh Bung Hatta

Salah satunya bertujuan mensosialisasikan kepada masyarakat atas pentingnya nilai-nilai kebangsaan yang diajarkan Bung Hatta semasa hidupnya

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok pemuda dari berbagai elemen menggagas pembentukan 'Bung Hatta Movement', sebagai sebuah gerakan untuk mengelaborasi konsep dan pemikiran proklamator Republik Indonesia itu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pemikiran dan nilai-nilai yang ditanamkan Bung Hatta sejak kuliah di Belanda hingga memasuki masa pra-kemerdekaan serta berakhirnya masa bakti beliau sebagai Wakil Presiden RI merupakan sejarah penting bagi kita semua," kata perwakilan kelompok pemuda penggagas 'Bung Hatta Movement' Feni Soemitra, di Jakarta, Rabu (20/8/2014).

Kelompok pemuda ini terdiri dari sineas muda yang tergabung dalam rumah produksi Dante Sinema serta institusi pendukung seperti Komunitas Kompas Muda, Hipmi Peduli, Gerakan Tangan Di Atas, Komunitas Do Art, Akademi Berbagi, Nebengers, Kelompok Tani Organik, Indonesia Unite, Comma.co.id, serta Komunitas Dreamdelion.

Menurut Feni, pembentukan 'Bung Hatta Movement' salah satunya bertujuan mensosialisasikan kepada masyarakat atas pentingnya nilai-nilai kebangsaan yang diajarkan Bung Hatta semasa hidupnya.

Feni menyampaikan, Bung Hatta melalui konsep koperasi dan ekonomi kerakyatan mengajarkan nilai-nilai hidup yang penting dan relevan untuk diterapkan saat ini. Bung Hatta juga mengajarkan agar bangsa ini meraih kehidupan mandiri dan lepas dari ketergantungan pihak mana pun.

"Kita harus berani dan yakin untuk terus berbuat, hingga akhirnya kita bisa berdaulat untuk diri kita sendiri. Adagium 'Berbuat, Tumbuh dan Berdaulat' merupakan hasil proses panjang Bung Hatta menapaki jalan perjuangan melawan Belanda, Jepang dan bangsanya sendiri, dalam melahirkan bangsa Indonesia yang berdaulat," tandas Feni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.