Sukses

PM Netanyahu Siap Gelar Operasi Lebih Lama di Gaza

Israel akan terus menggelar operasi militer sampai tujuan merusak jaringan terowongan tercapai.

Liputan6.com, Yerusalem - Konflik antara Israel dan kelompok militan Palestina, Hamas, kian sengit. Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu bahkan menegaskan negaranya harus siap menggelar operasi dalam waktu yang lama di Gaza.

Netanyahu menjelaskan Israel akan terus menggelar operasi militer sampai tujuan merusak jaringan terowongan tercapai. "Kita akan terus bertindak agresif...hingga misi kita untuk melindungi warga, tentara, dan anak-anak berhasil," ucap Netanyahu, seperti dilansir BBC Indonesia, Selasa (29/7/2014).

Pernyataan ini dikeluarkan pada Senin 28 Juli waktu setempat setelah sejumlah ledakan terjadi di kompleks rumah sakit utama Gaza dan taman di dekatnya, menewaskan 10 orang.

Sementara itu, media Israel melaporkan 4 warga Israel tewas dalam serangan mortir di dekat perbatasan Gaza.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon mendesak segera dihentikannya kekerasan di Gaza. Dia mengatakan wilayah Palestina dalam 'keadaan kritis'. "Atas nama kemanusiaan, kekerasan harus dihentikan," kata Ban.

"Setidak 10 orang -- delapan di antaranya anak-anak -- tewas Senin sore (28 Juli) pada ledakan di Gaza CityKlik," beber pejabat kesehatan Palestina.

Pejabat Palestina ini mengatakan 10 orang korban tersebut tewas karena serangan peluru kendali. Namun Israel mengatakan ledakan disebabkan roket yang salah tembak oleh 'teroris'.

Sejumlah laporan radio Israel dan televisi Channel 10 menyatakan 4 warga sipil meninggal dan 10 orang lainnya cedera karena mortir di daerah Eshkol.

Israel melancarkan serangan terhadap Hamas di Gaza sejak tiga minggu lalu setelah terjadinya peningkatan tembakan roket. Sebelumnya pada Senin 28 Juli, lebih 1.030 warga Palestina yang sebagian besar warga sipil, serta 43 tentara Israel dan dua warga sipil Israel tewas. Seorang warga Thailand di Israel juga meninggal.

Baca juga:

Serbu Gaza, Israel Serang Lokasi Peluncuran Roket Hamas
Rudal Israel Hantam Rumah Sakit Gaza, 10 Orang Tewas
Israel Makin Brutal Serang Gaza Lewat Darat, Laut, Udara 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.