Sukses

Serbu Gaza, Israel Serang Lokasi Peluncuran Roket Hamas

Militer Israel menyatakan mereka berhasil menghancurkan 2 lokasi peluncur roket dan 1 fasilitas pembuat roket.

Liputan6.com, Gaza - Warga Gaza memanfaatkan gencatan senjata 24 jam Hamas dan Israel untuk melaksanakan salat Idul Fitri. Meski di tengah reruntuhan puing, hal ini tak mengurangi kekhuysukan doa mereka.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (29/7/2014) dini hari, Israel menyatakan pihaknya sudah berhenti melakukan serangan sejak Minggu 27 Juli pukul 21.30 waktu setempat. Tentara Israel hanya fokus untuk menemukan dan menghancurkan terowongan lintas batas yang dibangun oleh Hamas.   

Tapi Senin 28 Juli siang, 3 serangan udara Israel kembali menghantam Gaza. Militer Israel menyatakan mereka berhasil menghancurkan 2 lokasi peluncur roket dan 1 fasilitas pembuat roket di bagian tengah dan utara Gaza.

Menurut Israel, serangan ini merupakan respons terhadap Hamas yang menembakkan sebuah roket ke arah Israel pada Senin 28 Juli pagi meski tidak menimbulkan kerusakan ataupun korban.

Sementara di Irak, warga muslim Sunni telah merayakan Idul Fitri. Namun karena Irak dipimpin oleh pemerintahan mayoritas Syiah maka Idul Fitri secara resmi baru dirayakan pada Selasa 29 Juli 2014.

Di Afghanistan usai menjalankan salat Idul Fitri, Presiden Hamid Karzai menyatakan Afghanistan mengingat dan mendoakan sesama muslim di Gaza.

Baca juga:


Rudal Israel Hantam Rumah Sakit Gaza, 10 Orang Tewas
Warga Gaza Salat Id di Antara Reruntuhan Masjid
Idul Fitri, Dewan Keamanan PBB Desak Gencatan Senjata di Gaza

(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.