Sukses

Jokowi Disorot Dunia, Tukang Mebel & Anak Desa Jadi Presiden

Banyak media asing menyoroti keberhasilan Jokowi keluar sebagai pemenang di pemilihan presiden periode ini.

Liputan6.com, Sydney - Euforia kemenangan Jokowi sebagai presiden Republik Indonesia, tak hanya terasa di Indonesia. Tetapi juga di negara lain.

Kemenangan Jokowi pun mendunia. Banyak media asing menyoroti keberhasilannya sebagai presiden Indonesia terpilih -- melalui sebuah proses pemilu yang demokratis.

Di media Australia News.com.au, mantan walikota Solo itu diberitakan sebagai sosok tukang mebel yang sukses menjadi orang nomor satu di Indonesia. 'Joko Widodo rises from furniture maker to Indonesian President', demikian judul yang disematkan media itu.

News.com.au menyebutkan, adalah hal tak biasa memiliki presiden berasal dari latar belakang tukang mebel. Jokowi juga digambarkan sebagai orang dari luar elit politik pertama yang mengambil jabatan tertinggi di Indonesia -- di negara berpenduduk terbesar keempat di dunia.

Sementara New York Times memuat artikel berjudul 'A Child of the Slum Rises as President of Indonesia'. Memaparkan sosok pria berperawakan tinggi kurus itu sebagai presiden dari kawasan pedalaman. Dari desa.

 

Jokowi diuraikan telah mewujudkan hal mustahil, dari anak biasa menjadi pemimpin bangsa terpadat keempat dunia.

Media News Vice mengumbar sosok Jokowi yang merupakan mantan produsen mebel asal Jawa yang sederhana. Kemudian menjadi terkenal di level nasional, lalu dinyatakan sebagai presiden terpilih.

Sementara di situs Guardian dan Euro News, diberitakan Jokowi, yang telah memenangi pertarungan pilpres melawan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, menyerukan persatuan kepada rakyatnya.

KPU telah menetapkan Joko Widodo-Jusuf Kalla atau Jokowi-JK sebagai presiden-wakil presiden terpilih dalam Pilpres 2014.

Dari hasil rekapitulasi nasional atau 33 provinsi di seluruh Indonesia dan luar negeri, Jokowi-JK menang dengan peraihan suara 70.997.883 atau 53,15%.

Sedangkan Prabowo-Hatta mendapatkan 62.576.444 atau 46,85% suara. Selisih perolehan keduanya sebesar 8.421.389 suara atau 6,3%. (Ein)

Baca Juga:

Kala PM Kanada-Australia Ucapkan Selamat ke Jokowi

Ucapan Selamat PM Singapura dan Menlu AS untuk Jokowi

Jokowi Dapat Ucapan Selamat dari PM Malaysia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini