Sukses

10 Fakta Unik dan Menggelitik soal UFO

Hari ini, bertepatan dengan World UFO Day atau Hari UFO Sedunia, yang dirayakan setiap tanggal 2 Juli.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, bertepatan dengan World UFO Day atau Hari UFO Sedunia, yang dirayakan setiap 2 Juli -- yang bertujuan meningkatkan kesadaran soal 'eksistensi UFO yang tak terbantahkan' dan mendorong pemerintah semua negara untuk menguak dokumen-dokumen rahasia yang miliki.

Tanggal 2 Juli dipilih karena diyakini bertepatan dengan insiden kecelakaan diduga UFO pada 1947 di  Roswell, New Mexico.  Ada juga yang merayakan Hari UFO tiap 24 Juni -- untuk memperingati laporan penerbang Kenneth Arnold terkait obyek diduga UFO pertama di AS.

Fenomena penampakan benda terbang aneh alias unidentified flying object (UFO) kerap dilaporkan. Berupa objek yang melakukan manuver-manuver seolah tak terpengaruh gravitasi atau inersia (kelembaman) -- seperti berhenti mendadak, berbalik haluan 180 derajat seketika, terbang secara zig-zag. Ada juga yang disaksikan muncul dari ketiadaan, lenyap lalu muncul di tempat lain, berubah bentuk maupun ukurannya.

UFO adalah gejala global, dilaporkan dari segala penjuru Bumi. Namun, hingga saat ini tak ada bukti ilmiah bahwa penampakan-penampakan tersebut terkait dengan makhluk ekstraterresterial yang mungkin bertamu di Bumi.

Berikut 10 fakta menarik dan menggelitik soal UFO, seperti Liputan6.com kutip dari Express.co.uk

Baca selanjutnya.... Asal Usul 'UFO'

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Asal Usul Istilah UFO

1. Istilah UFO atau Unidentified Flying Object diciptakan perwira Angkatan Udara Amerika Serikat Edward Ruppelt pada 1952. Ia menjadi terkenal karena keterlibatannya dalam Project Blue Book, studi yang dilakukan pemerintah AS untuk menyelidiki penampakan benda terbang misterius.

Kata UFO diperkenalkan untuk menggantikan istilah 'piring terbang' (flying saucer) atau 'cakram terbang' (flying disk).

Edward Ruppelt meninggal akibat sakit jantung di usia relatif muda, 37 tahun -- yang masuk daftar kematian misterius ahli dan peneliti UFO.



2. Sebelum kata 'UFO' istilah 'piring terbang' telah digunakan sejak 1947, yang digunakan untuk mendeskripsikan benda terbang aneh. 'Piring terbang' awalnya digunakan sebagai istilah resmi Angkatan Udara AS. Laporan awal penampakan 'piring terbang' di langit  biasanya digambarkan sebagai piringan perak atau metalik, kadang-kadang dilengkapi lampu-lampu atau diselubungi cahaya terang, melayang atau bergerak cepat, terkadang sendirian atau membentuk formasi dengan pesawat serupa.

Baca selanjutnya.... Asuransi Diculik Alien

3 dari 4 halaman

Asuransi Diculik Alien

3. Penampakan UFO pertama di AS dilaporkan pilot Kenneth Arnold yang mengaku melihat 9 benda aneh di dekat Gunung Rainier, Washington, pada 24 Juni 1947.

4. Negara pertama yang menampilkan piring terbang di perangko adalah Equatorial Guinea -- negara kecil di Afrika Tengah -- pada 1975.

5. Lebih dari 40.000 warga AS membeli asuransi risiko diculik alien. Jenis perlindungan serupa juga laris manis di Inggris.



Seperti dimuat situs Hindustan Times, 20 September 2010, sebuah perusahaan Inggris mendapat penghasilan US$3 juta berkat menjual asuransi alien.

Situs Telegraph memberitakan pada 2001 seseorang bernama 'Captain Beaney' telah mengasuransikan dirinya dari kemungkinan diculik, dihamili, atau dimakan alien. Nilai pertanggungannya tak main-main, mencapai 1 juta poundsterling.

6. Kerupuk  kertas nasi (rice paper) yang diisi sherbert yang diberi nama 'flying saucers' menjadi kudapan manis paling populer sepanjang masa, menurut sebuah survei yang dilakukan pada 2004.

Baca selanjutnya.... 'Pertempuran' Alien Nuremberg 1561

4 dari 4 halaman

'Pertempuran' Alien Nuremberg 1561

7. Presiden AS Jimmy Carter mengklaim melihat piring terbang pada 1973. Namun, apa yang dilihatnya kemungkinan adalah Venus.

Tak hanya Carter, Presiden Ronald Reagan juga mengaku melihat UFO di sebuah malam pada 1974 dari sebuah pesawat Cessna. Saat itu dia menjabat sebagai Gubernur California.

Reagan tak sendirian di pesawat itu. Ada tiga orang lainnya yakni pilot, Bill Paynter, dan dua pengawalnya.

8. Pernah terjadi insiden penampakan massal sebuah obyek di langit Nuremberg, Jerman pada 1561.


Pada 14 April 1561, penduduk Nuremberg melihat apa yang mereka gambarkan sebagai pertempuran udara, diikuti munculnya benda segitiga hitam besar, dan kemudian terjadi kecelakaan besar di luar kota.

Menurut saksi mata, ada ratusan bola, silinder, dan benda-benda dengan bentuk aneh lain yang bergerak tak menentu di atas kepala.

9. Selama lebih dari 40 tahun, rata-rata ada 6 laporan penampakan UFO setiap harinya.

10. Penampakan UFO yang dilaporkan biasanya terjadi pada hari Jumat, di belahan dunai Barat, selama jam-jam menikmati minuman beralkohol.

(Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.