Sukses

Warga Blora Tolak Pendirian Pabrik Semen

Mereka berdalih dampak buruk terhadap lingkungan akan dirasakan warga Blora jika pembangunan pabrik tetap dilanjutkan.

Liputan6.com, Blora - Puluhan warga Blora, Jawa Tengah, turun ke jalan memprotes rencana pembangunan pabrik Semen Indonesia di Desa Timbaran, Kabupaten Rembang yang berbatasan dengan Blora.  

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (20/6/2014), mereka berdalih dampak buruk terhadap lingkungan akan dirasakan warga Blora jika pembangunan pabrik tetap dilanjutkan.

Di depan Kantor Bupati Blora, Kamis 19 Juni 2014, para demonstran menggelar aksi teatrikal serta menyindir sikap tidak peduli pemerintah yang mengabaikan aspirasi warganya yang digambarkan sebagai manusia topeng. Unjuk rasa pun dilanjutkan dengan membakar lambang Semen Indonesia sebagai simbol penolakan.

Selain itu, unjuk rasa menolak pembangunan pabrik Semen Indonesia juga dilakukan sejumlah warga Semarang. Mereka membentangkan sejumlah spanduk penolakan di kawasan Tugu Muda, Kota Semarang.

Para pengunjuk rasa berdalih pembangunan pabrik semen akan merusak lingkungan Pegunungan Kendeng tempat pabrik itu dibangun.

Mereka juga menambahkan, untuk memajukan perekonomian warga, pemerintah semestinya mengembangkan sektor pertanian bukan membangun pabrik. Karenanya mereka mendesak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menangguhkan izin pembangunan pabrik semen tersebut. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini