Sukses

Kasatlantas Temanggung Sosialisasi Operasi Simpatik di Sekolah

Dalam upaya untuk sosialisasi dan pelaksanaan operasi Simpatik yang digelar oleh jajaran kepolisian di seluruh Jawa Tengah

Citizen6, Jakarta Dalam upaya untuk sosialisasi dan pelaksanaan operasi Simpatik yang digelar oleh jajaran kepolisian di seluruh Jawa Tengah, Polres Temanggung  Kamis  4 Juni 2014 mengadakan sosialisasi mengenai Keselamatan berlalu lintas dan perlunya pengetahuan tentang Undang Undang no 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas di SMK Negeri 1 Temanggung, SMK Dokter Sutomo, SMP 6, dan sejumlah sekolahh lain.

Kapolres Temanggung AKBP Dwi Indra Maulana melalui Kasatlantas Polres Temanggung AKP Andhika Wiratama S.IK  mengatakan bahwa sosialisasi ini adalah bagian dari kegiatan Operasi Simpatik yang lebih menekankan pada himbauan, penyuluhan dan teguran kepada masyarakat agar warga lebih sadar akan manfaat dan pentingnya mentaati  peraturan berlalu lintas untuk keselamatan, kenyamanan dan keamanan, namun dalam perkembangannya jika memang ada pengguna jalan yang melanggar peraturan dan berpotensi membahayakan keselamatan orang lain, tetap akan ada penindakan sesuai perundangan yang berlaku, karena catatan Kepolisian menunjukkan bahwa di Indonesia tahun 2013, ada sekitar 25.157 korban tewas akibat kecelakaan berlalu litas.

“Selain melakukan pembinaan dan penyuluhan saat Upacara bendera dan sesi tanya jawab dengan para pelajar , kami juga mengadakan kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat diantaranya dengan melibatkan berbagai klub motor dan  organisasi kemasyarakatan sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas , tujuannya agar kesadaran warga mengenai keselamataan berlalu lintas dan mentaati peraturan semakin meningkat “Papar AKP Andhika.

Berbagai kegiatan lain yang masih dalam koridor Operasi Simpatik yang dilakukan Satlantas Polres Temanggung adalah membagikan bunga dan stiker berisi himbauan pelopor keselamatan berlalu lintas kepada pengguna jalan di beberapa spot strategis seperti Perempatan Kowangan, depan Perpusda dan Perempatan OBL , membagikan Helm kepada pengendara motor serta menyematkan Pin kepada pelajar dan perwakilan klub motor yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Shanti (17) salah seorang pelajar yang  mendapatkan Helm dari Satlantas  saat Operasi Simpatik di depan Perpusda mengaku gembira dengan pendekatan persuasif yang dilakukan pihak kepolisian, “  saya lebih bisa menerima penjelasan mengenai  pentingnya mentaati peraturan guna keselamatan lalu lintas dengan cara seperti ini, yang satun dan ramah, daripada ditilang atau didenda kan bikin kesel, makasih pak polisi” tutur pelajar ini sembari mengenakan helm hadiah dari Polres Temanggung.

Penulis:

Aryo Widiyanto

Traveller, Backpaker, pengamat kemasyarakatan yg tinggal di akun twitter @aryowidi, Facebook :Aryo Widiyanto dan blog :  aryowidiyanto.blogspot.com
 

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini