Sukses

Gunung Soputan Sulut Siaga, Radius 6,5 Km Dikosongkan

Status ini terhitung mulai Kamis 1 Mei pukul 11.00 Wita.

Liputan6.com, Medan - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Soputan, Sulawesi Utara dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III). Sebab aktivitas gunung api tersebut terus menunjukkan peningkatan.

Hal ini disampaikan Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (1/5/2014).

"Terhitung mulai Kamis 1 Mei pukul 11.00 Wita, didasarkan hasil pemantauan secara kegempaan Gunung Soputan sejak bulan Januari hingga 1 Mei 2014 pukul 06.00 Wita, di mana terjadi peningkatan jumlah Gempa Guguran, Gempa Hembusan dan Vulkanik Dalam (VA) terutama kegempaan pada 30 April hingga 1 Mei 2014 secara signifikan," ujarnya.

Kemudian, lanjut Sutopo, hasil pemantauan aktivitas vulkanik Gunung Soputan secara visual, juga terdapat hembusan asap kawah putih ketinggiannya sedang dengan tinggi 50-100 meter di atas puncak Gunung Soputan.

Masyarakat pun diimbau untuk tidak beraktivitas pada radius sekitar 6,5 km dari puncak Gunung Soputan, guna menghindari ancaman guguran lava dan awan panas guguran. Dilarang melakukan pendakian, wisata dan aktivitas lain pada radius 6,5 km.

"Masyarakat dihimbau tetap tenang. Jangan terpancing isu menyesatkan. Masyarakat belum perlu mengungsi. Ada 568 jiwa penduduk yang tinggal di Kawasan Rawan Bencana (KRB) 3 dan 599 jiwa di KRB 2," ungkap Sutopo.

Gunung Slamet

Di tempat lain, saat ini Kepala BNPB Syamsul Maarif bersama Bupati Pemalang, BNPB, BPBD, TNI, Polri dan unsur lainnya sedang melakukan kunjungan ke stasiun pengamatan Gunung Slamet. Untuk melakukan koordinasi rencana kontijensi erupsi Gunung Slamet. Antisipasi dan kesiapsiagaan dilakukan untuk mengatisipasi kemungkinan terburuk dari Gunung Slamet.

Di Sulawesi Utara, saat ini ada 3 gunung api berstatus Siaga yaitu Gunung Soputan, Gunung Karangetang sejak 3 September 2013, dan Gunung Lokon sejak 27 Juli 2011.

Sedangkan, untuk Indonesia secara keseluruhan terdapat 5 gunung api status Siaga. Yakni Gunung Slamet, Rokatenda, Sinabung, Lokon, Soputan dan Karangetang. Sedangkan 19 gunung api berstatus Waspada. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini