Sukses

Asap Hitam Berbau Tak Sedap Masih Mengepul di Pasar Senen

Sampai hari ini masih ada 45 unit mobil pemadam kebakaran yang berjaga di Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Asap hitam dengan bau yang tidak sedap masih terlihat di atas gedung Unit Pasar Besar (UPB) Pasar Senen Blok III, Senen, Jakarta Pusat yang terbakar. Kebakaran yang melanda Pasar Senen pada Jumat 25 April dini hari menghanguskan sekitar  3.000 kios.

Pantauan Liputan6.com di lokasi kebakaran, puluhan unit pemadam kebakaran masih bersiaga di lokasi kebakaran. Untuk saat ini, pemadaman sisa-sisa api masih dilakukan dengan bantuan blower yang menyebabkan asap memumbung.

"Sekarang ini asap itu lagi disemprot kembali dengan bantuan blower. Jadi asap keluar membumbung. Ini asap disedot keluar," kata Kasie Operational Sudin Damkar Jakarta Pusat Sudarno, Jakarta, Sabtu (26/4/2014).

Sudarno mengatakan, sampai hari ini masih ada 45 unit mobil pemadam kebakaran. Mobil yang bersiaga di lokasi kebakaran tersebut merupakan gabungan dari seluruh damkar se Jakarta.

"Gabungan, Jakrta Pusat 23 unit, Jakarta Utara 2 unit, Jakarta Barat 2 unit, Jakarta Timur 7 unit, Jakarta Selatan 4 unit dan kantor dinas DKI Jakarta," ujar Sudarno.

Sudarno mengatakan, saat ini sudah dilakukan pendinginan karena api secara keseluruhan sudah berhasil dipadamkan sejak kemarin. "Semuanya sudah berhasil dipadamkan. Tetapi sekarang cuma pendinginan yang arang-arangnya saja," kata dia.

Api melalap Pasar Senen sejak Jumat 25 April dini hari. Disebutkan api pertama kali diketahui oleh seorang ibu yang hendak masuk ke dalam pasar.

Kebakaran baru bisa dipadamkan 12 jam kemudian. Akibat kebakaran, 2.000 dari 3.200 kios hangus terbakar. Pedagang hanya bisa pasrah dan menyelamatkan barang mereka yang tersisa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.