Sukses

Lanud Wiriadinata Diresmikan

Markas Besar TNI AU mengabadikan nama Marsekal Muda Wiriadinata menjadi sebuah Lanud di Tasikmalaya, Jabar. Wiriadinata dinilai turut berjasa dalam proses kemerdekaan RI.

Liputan6.com, Tasikmalaya: Landasan Udara Tasikmalaya, Jawa Barat, berganti nama menjadi Lanud Wiriadinata. Pergantian tersebut dimaksudkan untuk mengenang jasa-jasa tokoh pejuang perintis kemerdekaan TNI Angkatan Udara, Marsekal Muda TNI Raden Atje Wiriadinata. Sebab, pria kelahiran Sumedang, Jabar, 81 tahun silam itu dinilai cukup berjasa pada masa perjuangan kemerdekaan, terutama bagi TNI AU. Pergantian nama itu diresmikan KSAU Marsekal TNI Hanafie Asnan, Kamis (20/9) siang.

Dalam kata sambutan, Hanafie mengatakan, jasa Wiriadinata cukup besar bagi TNI AU. Contohnya, bersama Komodor Adi Sutjipto, dia pernah mendirikan sekolah penerbangan di Yogyakarta. Selain itu pada 1952, Wiriadinata juga berhasil membentuk pasukan gerak cepat yang kini menjadi Pasukan Khas TNI AU. "Sebab itu, dia dinamakan sebagai bapak pasukan gerak cepat," kata Hanafie. Namun demikian, Lanud Wiriadinata masih belum disiapkan untuk penerbangan komersial dan hanya difokuskan untuk pelatihan penerbang AU.(ICH/Edi Priyono dan Zakaria)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini