Sukses

`Wasiat` Terlupakan dari Kuburan Arie Hanggara...

Makam Arie Hanggara di TPU Jeruk Purut adalah simbol penderitaan anak korban kekerasan -- yang sayangnya justru makin banyak saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Oleh: Taufiqurrohman, Moch Harun Syah

Musa mengeryitkan dahi saat mendengar sebuah nama disebut. “Siapa? Arie Hanggara? Kan sudah lama meninggalnya,” kata dia. “Biasanya orang ke sini nyarinya ‘pastur kepala buntung’.” Hantu itu konon bisa menampakkan diri pada malam Jumat, di depan siapapun yang masuk area pekuburan dengan jumlah ganjil. Sendirian, bertiga, berlima, …

Penampakan tanpa kepala, kuntilanak, segala macam memedi – Musa si penjaga makam sudah biasa mendapat banyak pertanyaan soal ‘penunggu’ Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut -- tempatnya mencari penghidupan. Bahkan tak jarang ada yang sengaja datang malam hari. Untuk uji nyali.

Meski begitu, Musa tahu benar di mana letak pusara Arie Hanggara. Tak jauh dari pintu masuk utama, hanya sekitar 100 meter jauhnya. Di sebelah kiri. Tepatnya di Blok AA II.

Kuburan batu hitam berukuran 2x1 meter itu kontras dengan makam-makam di sekitarnya. Tak terurus, ditumbuhi rumput liar, dan usang dimakan waktu. Tulisan di nisan dari marmer putih nyaris terhapus sepenuhnya. Pun dengan goresan ‘Maafkan Papa’ dan ‘Maafkan Mama’ yang berada di kanan dan kiri. Untung, sejak pertama kali dikubur, pusara Arie langsung diberi pembatas hingga tak sampai tergerus hujan.

Agustini mengaku nelangsa melihat kuburan itu. Perempuan 48 tahun itu sama sekali tak ada hubungan dengan almarhum. Tapi, ia ada di sana saat Arie dikebumikan 30 tahun lalu, saat TPU Jeruk Purut belum seramai dan serapi sekarang. Sebuah upacara penguburan yang mengharu biru, tangis banyak orang pecah ketika jasad kecil itu dimasukkan ke liang lahat.

“Aduh saya mah mau nangis aja kalau ingat lagi kisahnya. Sampai sekarang sudah meninggal juga kuburannya dibiarin aja begitu nggak diurus. Kasihan, hidupnya dianiaya sama orang tuanya, meninggalnya dilupain,” ujar pemelihara makam itu.

Sejak tahun 2000, jarang ada yang ziarah ke makam Arie Hanggara. Sopian, petugas TPU Jeruk Purut mengatakan, biaya administrasi -- yang harus dibayar 3 tahun sekali -- sudah menunggak 5 tahun. “Kalau sudah nggak dibayar selama 3 periode atau 9 tahun (makam) itu bisa ditumpuk,” kata dia.

Dari catatan administrasi, tertera nama Nyonya Dahlia. Alamat rumahnya di daerah Pengadegan Timur, Kalibata, Jakarta Selatan. Namun, saat didatangi, perempuan itu tak ada di sana.

Warga sekitar berujar, rumah bernomor 10 itu dulunya memang rumah Machtino bin Eddiwan dan Santi – ayah dan ibu tiri Arie. Sejak 2004 rumah itu dijual dan sudah berpindah tangan. “Kalau Machtino dan Santi saya tahu, Machtino meninggal tahun 2004 dan sejak itu rumahnya dijual,” kata warga bernama Rizki. Ia tak mengenal siapa Dahlia. Penelusuran Liputan6.com, nama ibu kandung Arie adalah Dahlia Nasution.

Arie Hanggara tutup usia pada 8 November 1984, usianya belum genap 8 tahun saat itu. Bocah kecil itu tewas dianiaya ayah kandungnya sendiri. Dikompori sang ibu tiri.

Dengan dalih mendisiplinkan anak atau mungkin melampiaskan kekesalan karena frustasi jadi pengangguran, Machtino kerap menghajar Arie. Pipi kecil itu ia tampar berkali-kali sekuat tenaga, memukulinya dengan gagang sapu, mengikat kaki dan tangan si anak kedua, disuruh berdiri jongkok sampai ratusan kali. Arie pun kerap ‘disetrap’, termasuk di kamar mandi bertegel dingin.

“Hadap tembok!” teriakan ini sempat didengar tetangga pada malam itu. Dini harinya, bocah yang kepayahan itu tak lagi bisa bertahan. Ia ditemukan ambruk dengan tubuh kaku. Machtino dan Santi menyesal berat, tapi waktu tak bisa diputar ulang kembali.

Kematian Arie Hanggara bikin gempar kala itu. Orang-orang tak habis pikir, mengapa bisa orangtua menyiksa anaknya sendiri hingga mati. Kok tega? Rekonstruksi pembunuhan harus diulang beberapa kali karena massa selalu berjejal, tak hanya menonton, tapi gemas ingin menghakimi Machtino dan Santi.

Seluruh media massa mengangkat kisah Arie. Salah satunya, Majalah Tempo yang memuat judul panjang di halaman mukanya: “Arie namanya. Ia mati dihukum ayahnya. Mungkin anak kita tidak. Tapi benarkah kita tidak kejam?”

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nugroho Notosusanto juga sempat berniat membuatkan patung Arie sebagai peringatan agar kasus serupa tak terulang di masa mendatang. Tapi batal.

Nestapa Arie Hanggara dibangkitkan kembali dalam sebuah film, dengan judul sama dengan namanya. Film besutan Frank Rorimpandey itu ditonton ratusan ribu orang – yang `membanjiri’ bioskop dengan air mata.

Arie adalah simbol dari anak-anak yang tertindas. Namun kini, seiring waktu berlalu, tak cuma makam dan namanya yang terlupakan. Ia seakan hanya menjadi sebuah kisah masa lalu.

Ini bukan hanya tentang Arie Hanggara. Ada banyak bocah di negeri ini yang menjadi korban penganiayaan. Kasus kekerasan terhadap anak makin sering terjadi, dianggap ‘biasa’, bahkan tak dirasa penting.

Dan seperti apa yang terjadi pada Arie Hanggara -- saat ini -- mau tak mau, suka tak suka mendengarnya, ini adalah fakta: sumber bencana bagi para bocah bisa jadi ada di rumah. Ancaman terbesar bagi anak bukan tak mungkin adalah orang-orang terdekat yang seharusnya melindungi dan mengayomi jiwa-jiwa kecil itu.

Seperti yang baru-baru ini terjadi. Pada Rabu 18 Desember 2013, Muhammad Rizky Zaki dilarikan orangtuanya ke rumah sakit. “Demam.” Itu alasan yang diberikan pada paramedis. Apapun yang dilakukan padanya tak mempan. Tubuh bocah yang belum genap 3 tahun itu kaku dan biru.

Pada polisi, ayah kandung Rizky, Achen dan ibu tirinya, Rosalina mengaku lebam dan memar di jasad anak itu akibat terbentur tembok saat mati lampu. Itu pengakuan dusta.

Yang benar, Rizky tewas akibat menjadi pelampiasan kekecewaan orangtuanya. Dipukuli, dibanting. Berkali-kali. `Salah` bocah itu hanya karena dia rewel dan menangis karena merasa sakit.

Dan jangan lupakan Raditya Atmaja Ginting alias Adit. Bocah 8 tahun itu ditemukan dalam kondisi kurus kering, berlumuran darah, dan penuh cedera. Ada luka bakar menganga lebar di punggungnya. Diduga akibat disiksa ayah kandung dan ibu tirinya.

Adit ditelantarkan di perkebunan kelapa sawit PTPN V Tandun, Riau. Sengaja dibuang ke sana. Ia ditemukan seorang pedagang sayur pada Minggu 15 Desember 2013. Rintihan dari bibirnya menjadi pertanda keberadaannya, “Bang, tolong saya...”

Rintihan yang sama disuarakan jutaan anak lainnya, dalam diam, yang terwakili oleh tangis mereka: “Tolong…”

Untung Ada Yuliana…

Iqbal sudah bisa tersenyum. Bocah lucu itu terlihat senang saat dikunjungi pemerhati anak Seto Mulyadi, Selasa 1 April 2014 lalu. Lehernya mendongak melihat pria ramah berkaca mata yang berdiri dekat ranjangnya di ruang perawatan RSUD Koja, Jakarta Utara 

Mata Iqbal berbinar saat didongengi Kak Seto. Ia tertawa gembira mendengar suara-suara binatang yang ditirukan dengan mahir oleh seorang pria dewasa, ikut bernyanyi ‘Balonku Ada Lima’ -- dari balik masker oksigen yang menutupi mulut dan hidungnya.



“Ekspresinya sudah bagus, sudah tertawa,” kata Kak Seto. “Iqbal anak cerdas, perkembangannya positif.”

Namun, saat Kak Seto hendak pulang, Iqbal menangis sejadinya. “Begitu akan tinggalkan, tiba-tiba menangis,” kata Seto, yang berjanji akan sering-sering menengok.

Kondisi fisik bocah 3,5 tahun itu pun membaik. Ketua Tim Dokter yang merawat Iqbal, dr Dewi Iriani, menuturkan, luka di kelamin dan lidah yang tergunting, saat ini hanya menyisakan lecet. “Untuk lidah nanti pertama-tama agak cadel aja berbicaranya,” kata dr Dewi.

Bu dokter mengatakan, luka di lidah dan kelamin Iqbal diakibatkan benda tajam seperti gunting. Membuat robek, tapi tak sampai terpotong. Kabar baiknya lagi, kelak saat dewasa, Iqbal masih bisa punya keturunan.

Sementara, berdasarkan pemeriksaan, tangan kiri Iqbal pernah patah berkali-kali. Meski tulang-tulangnya bisa menyambung dengan mudah karena ia masih bocah, trauma fisik itu akan meninggalkan bekas. “Kondisi tangan Iqbal yang sudah sering patah, sambung sendiri, menyebabkan bentuknya akan bengkok-bengkok,” kata dr Dewi. Kondisinya hanya bisa dinormalkan lagi dengan jalan operasi.

Namun, bukan itu luka Iqbal yang terparah. Menurut Dokter Dewi, cidera paling gawat ada pada jiwanya. “Psikisnya ini yang butuh pemulihan. Soal fisik sudah membaik.”

Untung ada Yuliana! Jika tak ada perempuan ini Iqbal mungkin masih berkeliaran di jalanan. Mengemis dengan tubuh babak belur, penderitaannya menarik simpati orang untuk merogoh kocek lebih dalam, lalu meninggal dan terlupakan. Selesai.


Yuliana melihat Iqbal saat wanita 31 tahun itu hendak berangkat kerja. Ketika menunggu bus Transjakarta di Halte Busway Sawah Besar. Bocah itu terlihat kepayahan. “Nggak tega lihat Iqbal, saya tanya ke bapak yang gendong dia,” kenang warga Tambora itu. Pria yang menggendong Iqbal adalah Dadang – tersangka penculikan dan penganiayaan Iqbal.

Yuliana bermaksud mengantar Iqbal ke klinik terdekat untuk diperiksa. Namun Dadang menolak. “Mau ngamen,” itu alasannya. Ia juga menambahi, luka yang diderita Iqbal sudah biasa akibat sering disiksa oleh ibu tirinya. Iqbal saat itu hanya terus menangis tanpa bisa bicara.

Beberapa hari kemudian, Yuliana kembali bertemu Iqbal dan Dadang di Stasiun Kota. Kondisi Iqbal makin parah. Kejang-kejang. Banyak orang yang melihatnya, yang merasa kasihan, tapi tak ada yang menghampiri. Kecuali Yuliana.

“Saya tanya kok kenapa nggak dibawa ke rumah sakit?” kisah perempuan berhati mulia itu. Tak seperti pertemuan pertama mereka, kali ini Yuliana memberanikan diri bertindak.

Ia berinisiatif mengantar Iqbal berobat. Yuliana, Dadang, dan Iqbal naik dua motor ojek menuju ke klinik di kawasan Mangga Dua. “Sewa ojek Rp 100 ribu. Saya bilang cari yang terdekat, tempat pertama tutup, kedua penuh dan antreannya panjang banget. Saya bilang nggak bisa nunggu karena kejang-kejang anak itu,” ucapnya.

Dengan berbagai alasan, klinik dan rumah sakit menolak kehadiran Iqbal yang sekujur tubuhnya penuh luka. Mulai dari alasan alatnya tidak lengkap, hingga dokter yang sudah pulang. Sampai akhirnya, tukang ojek yang ditumpanginya menyarankan agar Iqbal dibawa ke puskesmas di daerah Pademangan, Jakarta Utara.

Di puskesmas itu, Iqbal mendapat perawatan pertama. Dokter yang memeriksanya curiga, luka itu masih baru. Lalu anggota Polsek Pademangan Bripka Putra muncul. Ia mendapat laporan dari satpam puskesmas bahwa ada anak yang dicurigai korban penganiayaan.

Dadang dibawa ke Polsek, sementara Iqbal langsung dibawa ke RSUD Koja untuk mendapatkan perawatan. Dari situlah, Iqbal terselamatkan. Seandainya ada banyak orang seperti Yuliana…

Akar Kekerasan?


Tingginya angka kekerasan dan eksploitasi terhadap anak akhir-akhir ini menimbulkan keprihatinan. Ada banyak sebab mengapa para bocah jadi objek penderita.

Jika pelakunya adalah orangtua, anak mungkin jadi korban pelampiasan kekecewaan orang dewasa pada hidup. Atau, dengan dalih menegakkan disiplin. “Saat ini banyak yang beranggapan jika ingin mendidik anak jadi disiplin dan baik harus dengan cara dipukul atau dimarahi. Padahal itu salah,” kata pemerhati anak Kak Seto. “Kalau bisa dipersentasekan, masih ada 80 persen keluarga yang memilki paradigma semacam itu.”

Untuk menghentikan kekerasan anak, Kak Seto menyarankan di setiap RT dan RW harus ada Satgas Perlindungan Anak. Satgas ini yang melaporkan pada instansi terkait jika terjadi kekerasan di lingkungannya.

“Jangan sampai terjadi lagi ibu bunuh anak. Sang ibu saat itu sedang mengalami gangguan kejiwaan. Satgas ini dapat mengisi kekosongan, dengan merawat anak yang ibunya mengalami gangguan jiwa seperti itu," sarannya.

Jika kekerasan ini tidak segera dihentikan, kata Kak Seto, bukan tidak mungkin generasi muda ke depan akan melahirkan anak muda yang menonjolkan kekerasan dibanding intelektual.

Sebab kedua, mungkin kurangnya pengawasan. Seperti yang terjadi pada Iqbal. Psikolog keluarga, Rosmini mengatakan, dalam kasus Iqbal, pelakunya Dadang bukanlah orangtua kandung korban. Tapi mantan kekasih ibunya, Iis Novianti (30).

Sejatinya gelagat kekerasan sudah diketahui Iis jauh-jauh hari. Namun, ia tak cepat bertindak. “Dadang ini bekas pacar ibunya jadi saya melihat bukan kekerasan yang dilakukan oleh keluarga. Namun harusnya memang, ibunya, Iis atau keluarganya bisa cepat melindungi Iqbal ketika sudah tahu sifat Dadang," kata Rosmini saat dihubungi Liputan6.com.

Mengapa orang dewasa seperti Dadang sampai tega melakukan penganiayaan terhadap bocah? Jawabannya, karena faktor ekonomi. Urusan perut membuat tersangka tak lagi punya empati, lupa bahwa ia manusia yang seharusnya punya kemanusiaan.

Parahnya, menurut Rosmini, segala kekerasan dan penyiksaan dilakukan Dadang secara sadar. “Saya melihat Dadang tega melakukan penganiayaan kepada Iqbal lebih kepada faktor ekonomi. Ada keterbatasan dana (uang) dan banyak yang keinginan yang belum bisa dipenuhi, jadi Dadang sudah tidak ada empati lagi. Dia akan tega terus untuk menganiayanya,” terang Rosmini.

Sementara, kriminolog yang juga menjabat anggota Kompolnas, Adrianus Meliala mengamini faktor ekonomi sebagai dasar penganiyaan Iqbal.

Menurut dia, pada golongan orang bawah atau kategori masyarakat miskin, kekerasan seringkali dihadapi oleh anak-anak kecil.

Adrianus menegaskan, Iqbal hanya salah satu contoh kecil. Pada golongan masyarakat miskin kekerasan seperti itu bisa terjadi setiap hari, bahkan setiap waktu.

Bahkan, kata Adrianus, eksploitasi anak itu rentan terjadi. Hanya berbeda cara saja, ada yang lewat kekerasan atau ada anak yang dirayu saja sudah mau -- dan tanpa terasa anak itu sudah jadi korban eksploitasi.

"Ini potret masyarakat dan kemiskinan. Kalau miskin jahatnya sampai eksploitasi anak. Ada banyak Iqbal-Iqbal lain di luar sana biasa mengalaminya." (Lihat INFOGRAFIS di tautan ini)

(Elin Yunita Kristanti)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bunuh Anak Kandung, Mengirimnya ke `Surga`

Bunuh Anak Kandung, Mengirimnya ke `Surga`

Oleh: Tanti Yulianingsih, Moch Harun Syah

 

Selasa 11 Maret 2014 sekitar pukul  03.00 WIB, semburat merah pertanda fajar menyingsing belum lagi terlihat di langit timur. Dede Uum Fatimah melangkahkan kakinya perlahan, mendekati Fahrul, bocah 10 tahun yang berbaring lelap di atas kasur.

Entah apa yang terbesit di pikirannya saat itu, perempuan 38 tahun tersebut mengikat tangan Fahrul dengan kain. Merasa tangannya terbelenggu, si bocah lalu terbangun. Kaget dan melawan. Ikatan pun lepas.

Dede lalu beralih pada Aisah Fany yang sedang bobok. Balita 2,5 tahun itu dipangku, dibalut dengan mukena, lalu digendongnya menuju lantai dua rumah. Di sana ada sebuah tangki air setinggi 1,5 meter dengan kapasitas 1.500 liter. Bertumpu pada kursi, ia menceburkan bocah malang itu ke dalam air.

Pintu tangki oranye itu kemudian ditutup rapat. Dede menunggu satu jam, lalu beranjak. Tak menyerah dengan upayanya yang pertama, Dede kembali menghampiri Fahrul. Murid kelas IV SD itu digendong paksa ke lantai dua dan dimasukkan dalam tangki. Dengan posisi kepala di bawah. Si ujang melawan sejadinya, berteriak memancing perhatian. Ia akhirnya selamat, tapi tidak dengan Aisyah yang ditemukan kaku di dasar toren.

Pagi itu, heboh melanda Kampung Cijengjing RT 5 RW 22, Desa Kertamulya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Orang-orang dibuat tercengang, mendengar kabar ada seorang ibu yang tega membunuh anak kandung sendiri. Masya Allah…!

Warga kaget bukan kepalang, bertanya-tanya mengapa Dede tega menghabisi darah dagingnya sendiri. Dasep, ketua RT setempat mengaku, perempuan itu sejatinya orang baik. “Mungkin karena banyak tekanan,” kata pria paro baya itu, melontarkan dugaan.

Ada juga yang menyangka, pelaku terpengaruh aliran sesat. Memang, beberapa hari sebelumnya para tetangga melihat Dede berperilaku aneh: berkeliaran menemui tetangga hanya memakai bra. Saat ditanya tak nyambung. “Padahal, sebelumnya nggak pernah seperti itu,” kata Asep, salah satu tetangga.

Setelah melakukan aksinya itu, Dede menyerahkan diri ke Mapolsek Padalarang. Namun, ia tak merasa tindakannya keliru. “Nggak merasa bersalah. Anak-anak (milik) saya, lagian kan tujuannya apa? Anak saya ke surga,” kata dia, sambil tiduran di sofa kantor polisi. Ia meyakini, jika seorang anak tewas sebelum akil baligh, pastilah masuk surga.

Lain waktu, Dede terlihat mendekap kresek kuning berisi pakaian yang kali terakhir dipakai oleh Aisyah. Menciumi aroma yang tertinggal di sana. “Untuk mengenang anak saya,” kata dia.

Polisi tak begitu saja percaya dengan pengakuan tersangka. Penyelidikan terus dilakukan, dengan melibatkan psikolog dan dokter ahli jiwa. “Motif sementara, pelaku diduga frustasi karena ada latar belakang utang-piutang,” kata Kapolresta Cimahi AKBP Erwin Kurniawan. Apalagi, Dede mengaku tak ingin membebani anak-anaknya.

Duka menggelayuti hati Kasito, suami Dede. Ia kehilangan anak kesayangannya yang lucu dan menggemaskan, sekaligus sang istri yang harus masuk bui. Namun, lelaki tabah itu mengaku memaafkan ibu dari anak-anaknya itu. “Dia peluk saya, minta maaf. Ya udah, saya maafin, semua sudah takdir. Mungkin kita khilaf,” kata dia.

Saat kejadian, Kasito tak di rumah. Ia tinggal di mes perusahaan farmasi di Bogor, tempatnya bekerja.

Kepada anak-anaknya, terutama Fahrul yang memendam trauma, Kasito minta mereka juga memaafkan sang ibu. “Jangan mendendam, nak… Dia ibumu.”

Eksploitasi Berkedok Patah Hati

Dadang Supriatna mengaku gelap mata. Rasa cemburu merasuk dan meracuni nuraninya saat melihat sang kekasih, Iis Novianti bersama pria lain. Ia pun merancang pembalasan yang keji. Kesempatan itu datang awal Desember 2013, ketika pria 28 tahun itu melihat putra Iis, Iqbal Syahputra, menangis saat ditinggal ibunya yang berjualan es di kawasan Senen.

“Main sama abang yuk,” ajak Dadang.

Iqbal, yang ayahnya meninggal akibat komplikasi paru-paru, pun mengiyakan. Lelaki itu tak asing baginya. Sama sekali tak menyangka, ajakan itu akan jadi awal nestapa.

Selama 2 bulan, Iqbal hidup menggelandang bersama Dadang di emperan di kawasan Kota Tua. Bocah itu dieksploitasi, dipaksa mengemis untuk mengais recehan.

Tak hanya memperbudak anak itu, Dadang tega menyiksanya, menjadikan tubuh mungil itu sebagai pelampiasan amarah. Dalihnya, Iqbal terus saja menangis minta dibelikan sepeda.

Pada Rabu 19 Maret 2014, dengan tangan diborgol, Dadang digiring polisi ke sejumlah lokasi tempat ia menyiksa Iqbal. Bercelana pendek dipadu kaus tahanan kuning, dan muka ditutup balaclava, pria dewasa itu memperagakan bagaimana ia menyiksa Iqbal.

Salah satunya pada suatu petang awal Maret 2014. Dadang menendang Iqbal, perut bocah itu ia tusuk dengan paku yang sebelumnya dipanaskan, lalu… Daftar penyiksaan yang ia lakukan terlalu sadis untuk dibeber satu per satu. Biadab.

Dadang dibekuk satuan anggota Reskrim Polres Jakarta Utara, 14 Maret 2014 lalu. Penyidik yang memeriksanya mengaku sebal bukan kepalang. Tak ada raut penyesalan di wajah tersangka. “Katanya nyesal, tapi penyidik melihat dia (Dadang) seperti nggak nyesal,” ungkap Kasat Reskrim Jakarta Utara AKBP Daddy Hartadi kepada Liputan6.com.

Daddy melanjutkan, dalam pemeriksaan Dadang kerap menyebut-nyebut nama Ibu kandung Iqbal, Iis. Menyebut mantan kekasihnya itu Iis juga ikut bertanggung jawab atas luka parah yang diderita Iqbal.

Belakangan terbukti, ia berdusta. “Ternyata itu bohong. Dan pelaku akui dirinya bohong,” ujar Daddy.

Dalam pemeriksaan polisi, Dadang melakukan penganiayaan ia lakukan semata-mata agar Iqbal memperoleh rupiah lebih banyak dari hasil mengemis. Tiap hari paling tidak Rp 60 ribu didapat. “Kalau nggak gitu (disiksa), Iqbal cuma setor Rp 20 ribu," kata Daddy. " Ia sengaja menganiaya Iqbal agar kelihatan sakit biar orang yang lihat iba terus kasih duit."

#CarolineHero

Malaikat kecil itu telah pergi. Usia Caroline amat pendek, hanya 4 bulan. Semuda itu ia harus menghadapi banyak penderitaan: tak mendapat kasih sayang orangtua, terpaksa hidup di panti asuhan, dan meninggal diduga akibat ditelantarkan.

Sebelum kematiannya pada 14 Februari 2014, Caroline mengalami sesak nafas dan buang-buang air setelah diberi susu.

Namun, Chemuel, pemilik dan pengelola Panti Asuhan ‘Samuel’ mengatakan, Caroline meninggal akibat kondisi cuaca buruk. Pemuka agama itu juga membantah melakukan kekerasan terhadap anak-anak penghuni panti asuhan yang lain.

Adanya anak yang meninggal, kata dia, karena saat diterima kondisinya tidak 100 persen sehat. "Saya siap dipenjara. Silakan gali kuburan anak yang sudah meninggal,” kata Chemuel saat dihubungi Liputan6.com. “Mereka yang meninggal itu di luar kemampuan kami. Silakan gali kuburnya, lihat mayatnya. Kalau tidak ada bukti, saya akan tuntut balik.”

Bagi Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (PA) Arist Merdeka Sirait, apa yang terjadi pada bayi Caroline adalah bukti, Indonesia sudah berstatus darurat nasional kekerasan terhadap anak.

Acara #CarolineHero digelar untuk mengenang bayi malang itu. Sebagai simbol agar masyarakat mau bergerak melawan kejahatan terhadap anak.

Pun dengan kasus Iqbal. Negara harus bergerak cepat. Terlebih, kini kekerasan dan eksploitasi anak justru dilakukan orang-orang dekat. Orangtua kandung sekalipun ternyata bisa menjadi pemangsa bagi anak.

“Itulah artinya fakta bahwa anak sudah dalam ancaman darurat nasional. Anak dianggap milik mereka (orangtua dan orang terdekat). Dan parahnya lagi bukannya melindungi, tapi malah mengarah ke kehancuran," kata Arist Merdeka Sirait saat berbincang dengan Liputan6.com.

Menurutnya, salah besar jika ada pejabat negara mengatakan bila saat ini belum tepat diberlakukan status darurat. “Kenapa pemerintah harus melihat kasus yang menimpa anak-anak dari segi jumlah? Padahal saat ini derita yang dialami oleh satu anak Iqbal saja, sudah mengindikasikan negara gagal dalam melindungi anak. Anak memiliki hak dilindungi, dan hidup yang jauh lebih besar ketimbang orang dewasa,” kata Arist. “Kalau ada pejabat negara bilang negara belum perlu darurat nasional dan masih banyak anak yang berprestasi, apa itu? Apa harus menunggu yang kaya Iqbal sampai 10 ribu anak dulu.”

“Orangtua atau keluarga terdekat bisa jadi predator bagi anak itu. Dan rumah sudah tidak aman bagi anak itu sendiri. Bagaimana nggak, ada bayi 9 bulan yang diperkosa. Dan pelaku bukan orang jauh. Sekarang Iqbal. Seenaknya Dadang bisa mengeksploitasi sampai menyiksa begitu,” jelas Arist, berapi-api.

Kalau tak ada yang merasa bertanggung jawab menghentikannya, “Itu artinya apa?” (Lihat INFOGRAFIS di tautan ini)

(Elin Yunita Kristanti)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.