Sukses

RI Sembunyikan Info MH370? KSAU: Tak Ada Sangkal-menyangkal

Indonesia dituduh sengaja tidak mau membuka radar Cosec II yang dapat mendeteksi keberadaan Malaysia Airlines MH370 yang hilang pada 8 Maret

Liputan6.com, Jakarta - Belum usai pencarian hilangnya pesawat MH370 milik Malaysia Airlines, isu memojokkan pihak Indonesia dari media Malaysia pun terus berkembang luas. Indonesia dituduh sengaja tidak mau membuka radar Cosec II yang dapat mendeteksi keberadaan Malaysia Airlines MH370 yang hilang pada 8 Maret lalu.

"Kalau media sana membuat pernyataan seperti itu, ya silakan saja. Tapi saya tegaskan lagi, tidak ada sangkal-menyangkal," kata Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia usai melakukan pertemuan dengan gubernur Sumsel, di VIP Room SMB II Palembang, Sumsel, Rabu (19/3/2014).

Saat dimintai tanggapan terkait tuduhan itu, Putu menyatakan tuduhan itu tidaklah benar. Sebab, pihaknya selalu memantau radar yang digunakan tapi memang sinyal pesawat MH370 tak terdeteksi oleh radar.

Jenderal bintang empat ini menegaskan TNI AU tidak melakukan kerjasama dengan media Malaysia. Namun kerjasama yang terjalin ialah saling membantu pencarian pesawat yang sudah sepekan lebih hilang.

"Yang ada kita menjalin kerjasama dengan pemerintah Malaysia supaya tugas ini tidak berkembang isu-isu yang lain," lanjutnya.

Bantuan pencarian MH370 ini memang dalam program misi kemanusiaan Indonesia ke negara tetangga. Selama pemerintah Malaysia membutuhkan bantuan, pihak Indonesia akan terus memberikan bala bantuan.

Dirinya menambahkan, sekarang ini memang sedang ada penempatan latihan jenis pesawat F16 yang berpusat di Medan. Anggota di sana juga diinstruksikan jika usai menjalankan latihan agar meluangkan waktu mengitari beberapa perairan terdekat agar melaksanakan pencarian.

"Ada sekitar 2-4 pesawat yang sedang latihan sekarang di permukaan langit Medan. Kita menugaskan personel di sana supaya ikut membantu pencarian jika ada waktu luang setelah latihan," bebernya. (Ismoko Widjaya)

Baca juga:

Kapolri: WNI Penumpang MH370 Tak Punya Catatan Kriminal

RI Dituduh Sembunyikan Pesawat MH370, SBY Angkat Bicara

SBY: Jika Ada Teroris di MH370, Pasti Bukan Warga Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini