Sukses

23.367 WNI di Australia Siap Sukseskan Pemilu

Jumlah pemilih warga Indonesia yang telah terdaftar di negara bagian New South Wales, Queensland berjumlah 23.367 orang.

Citizen6, Australia Jumlah pemilih warga Indonesia yang telah terdaftar di negara bagian New South Wales, Queensland, dan South Australia berjumlah 23.367 orang.

Pelaksanaan Pemilihan Umum legislatif Indonesia di Australia direncanakan dilaksanakan pada Sabtu, 5 April 2014, bukan 9 April 2014 seperti penetapan tanggal secara nasional di Indonesia.

Penetapan ini dilakukan mengingat berdasarkan pertimbangan Panitia Pemilihan Umum Luar Negeri (PPLN) Sydney, yang menyatakan hari tersebut merupakan hari libur, sehingga memungkinkan bagi masyarakat pemilih warga negara Indonesia dapat datang ke lokasi-lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah ditentukan PPLN.

Pada ketiga negara bagian tersebut, yang juga merupakan wilayah kerja KJRI Sydney terdapat 10 lokasi TPS, yakni 7 lokasi untuk 18 TPS di New South Wales, 2 lokasi untuk 2 TPS di South Australia, dan 1 lokasi untuk 1 TPS di Queensland. Warga Negara Indonesia terbanyak dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 15.953 orang dan terdapat di negara bagian New South Wales.

Untuk memasyarakatkan pelaksanaan Pemilu legislatif di ketiga negara bagian tersebut, pada 15 Maret 2014 lalu, PPLN Sydney bertempat di Kantor KJRI Sydney melaksanakan kegiatan sosialisasi pemilu yang dihadiri oleh perwakilan-perwakilan tokoh masyarakat.

Dalam pelaksanaan sosialisasi ini juga didahului dengan pelantikan Kelompok Panitia Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) dari tiap-tiap TPS. KPPSLN dilantik oleh Jon Sumarjono, Ketua PPLN yang juga merupakan sesepuh masyarakat Indonesia di Sydney.

Jumlah pemilih yang terdaftar di PPLN Sydney merupakan jumlah pemilih terbanyak Warga Negara Indonesia di Australia. Untuk mendukung kelancaran pendaftaran pemilih, PPLN Sydney telah membuka website: www.pemilusydney.com.

Mengingat luasnya jangkauan tempat tinggal masyarakat Indonesia yang tersebar di New South Wales, South Australia dan Queensland, Jon Sumarjono menghimbau kepada warga negara Indonesia yang ingin berpartisipasi dalam Pemilihan Umum 2014 agar segera mendaftarkan diri melalui website yang terbentuk. (Mar)

Penulis:
Nicolas Manoppo (KJRI Sydney)
Australia, manoppo_nicoxxx@hotmail.com

Baca juga:

[Arti Pemilu] Pesta Demokrasi Menuju Perbaikan Bangsa
[Arti Pemilu] Ajang Silaturahmi Saat Musim Kampanye
Cinemaholic: Yuk Ngobrol Film Horor dengan Pakarnya


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Rabu 19 Maret 2014 sampai dengan 3 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Apa Arti Pemilu Buatmu". Ada hadiah utama LinkSys Smart Wi-Fi Router untuk satu pemenang dan merchandise spesial untuk 5 tulisan terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini