Sukses

[VIDEO] Radius Pencarian Malaysia Airlines Diperluas Jadi 100 Mil Laut

Radius pencarian Malaysia Airline diperluas menjadi 100 mil laut atau sekitar 180 kilometer.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Sudah 2 hari tim penyelamat belum menemukan tanda-tanda jejak maupun reruntuhan badan pesawat Malaysia Airlines MH-370. Kemarin atau hari ke-3, otoritas penerbangan Malaysia memperluas radius pencarian menjadi 100 mil laut atau sekitar 180 kilometer.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (11/3/2014), hal itu berarti pencarian mencakup wilayah daratan Malaysia dan perairan barat Malaysia atau Selat Malaka.

Sebelumnya, Pemerintah China, menilai tindakan Malaysia kurang cepat menyusul kabar hilangnya pesawat mereka. Kegeraman Pemerintah Beijing cukup beralasan, karena 153 dari 239 penumpang dan awak yang ada di pesawat nahas itu berkewarganegaraan China.

Di Beijing, keluarga penumpang tampak berkumpul di sebuah tempat yang disediakan pihak Malaysia Airlines, termasuk mengurus dokumen bila mereka hendak bertolak ke Kuala Lumpur.

Hingga Senin kemarin, tidak kurang dari 40 kapal dan 30 pesawat dikerahkan untuk menyisir perairan Malaysia dan Vietnam Selatan. Sementara benda yang semula diduga runtuhan badan pesawat yang dilihat regu pencari Vietnam dipastikan bukan setelah diamati dari dekat.

Perkembangan terakhir, seorang pilot mengungkapkan kepada otoritas penerbangan Hong Kong, melihat reruntuhan badan pesawat di perairan Vietnam saat terbang dari China Selatan menuju Kuala Lumpur. Regu pencari kini sudah diarahkan ke lokasi tersebut.

Hingga kini, hilangnya pesawat Boeing 777-200 Malaysia Airlines, Sabtu 8 Maret, masih menyisakan tanda tanya besar. Meski menolak dugaan aksi terorisme dalam pesawat, otoritas Malaysia membenarkan ada 2 penumpang yang menggunakan paspor palsu yang diduga hasil curian.

2 paspor tersebut tercatat atas nama Christian Kozel dan Luigi Maraldi. Namun kedua pemilik paspor itu muncul dan menegaskan mereka tidak berada di pesawat itu.

Biro penyelidik Amerika Serikat juga telah menerjunkan personelnya untuk menyelidiki kasus ini, kendati demikian mereka enggan berspekulasi terorisme ada di balik hilangnya pesawat milik Malaysia itu. (Rinaldo)

Baca juga:

[VIDEO] Pencarian Malaysia Airlines Dibantu Alat Militer Canggih

[VIDEO] Keluarga Indra Akan Berangkat ke Kuala Lumpur Jika Pesawat Ditemukan

Sekoci yang Diduga dari MH370 Ternyata Tumpukan Sampah

[VIDEO] Cari Malaysia Airlines, TNI AL Sisir Selat Malaka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini