Sukses

Bencana Kekeringan di Gunung Kidul Semakin Meluas

Sejumlah kecamatan di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta mengalami bencana kekeringan akbibat ribuan pipa sambungan rumah tak berfungsi. Pemda berjanji akan mendroping air bersih.

Liputan6.com, Yogyakarta: Sebanyak 88.669 jiwa di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, dilanda kekeringan. Belakangan, wilayah bencana semakin meluas ke Kecamatan Panggang, Tepus, Semanu, Tanjung Sari, Ponjong, dan Girisubo. Sejumlah warga mengatakan kekeringan terjadi karena 5.592 pipa sambungan rumah tak berfungsi di kawasan selatan Yogyakarta. Dilaporkan, 826 pipa di antaranya sudah dicuri dari wilayah Kecamatan Semanu. Penyebab lainnya adalah ribuan hydran umum kembali tak berfungsi setelah diperbaiki dua pekan silam.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga terpaksa berjalan kaki sepanjang 1,5 kilometer menuju sebuah sumber mata air. Warga mengambil air bersih di gua-gua dan perbukitan di kawasan tersebut. Akhirnya warga hanya bisa berharap, pemerintah setempat segera menepati janji memberikan droping air bersih. Ironisnya, pemerintah setempat masih sibuk membahas aturan main pembagian air bersih tersebut. Alasannya, keterbatasan dana dan mobil, harus dibahas terlebih dahulu agar semua warga bisa kebagian air bersih secara merata.(KEN/Wiwik Susilo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini