Sukses

Dua Kereta Api Bertabrakan di Pasuruan

Seorang masinis mengalami luka serius akibat tabrakan dua kereta api di Stasiun Sengon Purwosari, Pasuruan. Perjalanan kereta api Surabaya-Malang lewat Bangil, atau sebaliknya menjadi tertunda.

Liputan6.com, Pasuruan: Dua kereta api bertabrakan di jalur 2 Stasiun Sengon Purwosari Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (4/7). Seorang masinis yang mengalami luka serius dilarikan ke Rumah Sakit Saiful Anwar, Kota Malang. Belum ada keterangan resmi dari pihak PT Kereta Api.

Petugas di Stasiun Sengon tidak bersedia memberikan keterangan. Sedangkan Kapolsek Purwosari, AKP Heri Pudjiono yang ditemui di lokasi kejadian mengatakan, tabrakan antarkereta api terjadi sekitar pukul 13.41 WIB karena kelalaian petugas. Untuk itu, kata Heri, pihaknya akan segera melakukan penyelidikan.

Lebih lanjut dijelaskan, tabrakan terjadi akibat lokomotif BB 30121 tanpa gerbong yang turun dari arah Malang remnya tak berfungsi. Akibatnya, lokomotif yang dijalankan masinis Harianto, warga Bangil, tidak dapat berhenti di jalur 2 Stasiun Sengon.

Pada saat bersamaan datang rangkaian kereta api BBM yang ditarik lokomotif CC 20327 dari arah Bangil yang dijalankan masinis Katnadi warga Malang, masuk juga di jalur 2. Akibatnya, tabrakan tidak bisa terhindarkan.

Akibat tabrakan adu depan itu, kedua lokomotif mengalami kerusakan cukup serius. Kedua muka lokomotif ringsek, termasuk rangkaian gerbong BBM. Karena posisi tabrakan tepat di atas persilangan jalur, mengakibatkan seluruh perjalanan kereta api Surabaya-Malang lewat Bangil, atau sebaliknya menjadi tertunda.(ADO/ANTARA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.