Sukses

Liputan 6 Petang, Program Berita Berkualitas

Berdasarkan penelitian yang diakukan lembaga survei, Liputan 6 Petang SCTV dinilai program acara berita paling berkualitas. Sedangkan Liputan 6 Siang mendapat poin tertinggi untuk penyajian pogram berita.

Liputan6.com, Jakarta: Berbagai jenis tayangan televisi disuguhkan untuk pemirsa Indonesia. Ratusan program dari 11 stasiun televisi di Tanah Airi, serta puluhan televisi lokal berlomba agar menarik penonton. Lalu apakah acara yang ditayangkan tersebut sungguh bermanfaat, ramah bagi anak, dan berkualitas?

Atas dasar itu, Lembaga Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Yayasan Tifa mencoba menggali pendapat masyarakat di 10 kota besar dengan responden terbatas pada Oktober hingga November 2008. Ternyata program acara berita yang dinilai paling berkualitas oleh responden adalah Liputan 6 Petang SCTV.

Pemirsa juga memilih Liputan 6 Petang sebagai mata acara yang paling baik dalam hal menambah pengetahuan, yakni memberikan informasi mengenai peristiwa dan kondisi terkini yang sebelumnya tak diketahui pemirsa.

Penyajian program berita juga menjadi topik penelitian. Untuk pertanyaan bagaimana kualitas mata acara berita, pemirsa menilai Liputan 6 Siang dengan poin tertinggi dibanding progam di stasiun televisi lain. Saat ini pola pengukuran rating lebih sering diukur dengan berapa jumlah penonton. Penelitian yang dipaparkan Yayasan SET, IJTI, dan Tifa mencoba melihat dari sisi yang berbeda dengan melihat aspek kualitas bukan kuantitas.(OMI/Sufiani Tanjung dan Agus Prijatno)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.