Sukses

Longsor Merusakkan Rumah di Semarang

Tanah longsor terjadi di daerah perbukitan Lempongsari, Semarang, dan menghancurkan sebuah rumah. Warga di kawasan perbukitan Karanganyar resah karena retakan bukit yang terus membesar.


Liputan6.com, Semarang: Musibah tanah longsor terjadi di daerah perbukitan Lempongsari, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (29/2). Hujan lebat pada malam sebelumnya menyebabkan talud di atas rumah warga retak. Keretakan lama-lama makin parah, lalu talud jebol dan menimpa rumah di bawahnya. Sebuah rumah hancur tertimpa longsoran, namun semua penghuninya selamat. Longsoran juga merusak tiga rumah lainnya meski ringan.

Tidak ada korban jiwa, kendati lokasi musibah di kawasan padat penduduk. Hanya saja, warga kini takut menempati rumahnya. Mereka khawatir terjadi longsor susulan, mengingat hujan deras dan angin kencang masih terus berlangsung.

Tanah longsor juga terjadi di kawasan lereng Gunung Lawu, Kecamatan Poncol, Magetan, Jawa Timur. Longsor menyebabkan dua rumah warga rusak parah. Selain itu, longsor juga sempat menutup jalan utama Magetan menuju Wonogiri, Jateng.

Di Kota Malang, sedikitnya dua rumah milik warga di Jalan Tirto Rahayu roboh tergerus luapan anak Sungai Metro. Bangunan bertingkat ini hanya tersisa separuh setelah sebagian bangunan ikut hanyut terbawa arus sungai.

Di Kecamatan Kerjo, Karanganyar, ratusan warga di kawasan perbukitan kini juga resah. Mereka takut retakan bukit yang terus membesar menyusul hujan lebat akan merobohkan rumah. Saat ini saja sebagian rumah warga sudah retak, baik lantai mau pun dinding. Terutama di Desa Gempolan, Plosorejo, dan Sidomulyo.

Untuk menghindari bahaya rumah roboh sewaktu-waktu, sebagian warga sudah mengungsi. Pihak Pemkab Karanganyar meminta warga terus waspada, terutama jika hujan lebat turun terus-menerus.(ADO/Teguh Hadiprayitno dan Wiwik Susilo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini