Sukses

Bayi Tanpa Batok Kepala Lahir di Magelang

Kondisi bayi bernama Slamet Widodo sangat memprihatinkan dengan organ dalam kepala terlihat sangat jelas. Agar tidak kelihatan, kepala bayi malang itu dibalut menggunakan kain seadanya.

Liputan6.com, Magelang: Bayi tanpa batok kepala lahir di Magelang, Jawa Tengah, baru-baru ini. Kondisi bayi sangat memprihatinkan dengan organ dalam kepala terlihat sangat jelas. Agar tidak kelihatan, kepala bayi malang itu dibalut menggunakan kain seadanya.

Bayi bernama Slamet Widodo lahir dari pasangan Suwarto dan Warsi, warga Dusun Pendem, Desa Jumoyo, Salam, Magelang. Bayi malang ini juga memiliki kelainan pada jari-jari tangan dan kaki. Jari-jari bayi yang lahir dengan bobot 3,3 kilogram serta panjang 47 sentimeter itu dempet menjadi satu.

Sang bayi lahir normal melalui pertolongan bidan desa. Ibu bayi mengaku tidak punya firasat apa-apa sebelumnya. Saat ini perkembangan bayi normal termasuk minum susunya. Menurut sang ibu, saat lahir anaknya tak langsung menangis seperti bayi-bayi normal lainnya.

Oleh bidan, bayi diberi rangsangan agar menangis. Puncaknya barulah bidan memberi tahu kalau kelahiran Slamet mengalami kelainan. Orangtua Slamet lalu membawa anaknya ke Rumah Sakit dokter Sardjito Yogjakarta. Namun keterbatasan biaya, setelah mondok dua hari Slamet dibawa pulang.

Hingga kini penyebab penyakit yang diderita Slamet belum diketahui. Tokoh masyarakat di sekitar tempat tinggal bayi meminta partisipasi warga untuk membantu Slamet agar bisa hidup normal seperti bayi lainnya. Dan tak kalah penting adalah perhatian Pemkab Magelang.(JUM/Yon Daryono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini