Sukses

Kopassus Diharapkan Menjaga Integritas Negara

<i>Kesalahan di masa silam adalah akibat perbuatan oknum prajurit Baret Merah. Bukan kesalahan Kopassus sebagai institusi.</i>

Liputan6.com, Jakarta: Baru sekarang Wakil Presiden Megawati Soekarnoputri bisa mengunjungi dan melihat langsung kegiatan Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Padahal, kunjungan ini sudah ia inginkan sejak lama, yakni sejak era pemerintahan silam. Demikian antara lain yang diungkapkan Megawati Soekarnoputri dalam pidato pengarahannya kepada para prajurit Baret Merah, di Markas Kopassus Cijantung, Jakarta, Rabu (27/9).

Wapres Megawati menyatakan, ia tidak bisa menerima keadaan pasukan Kopassus yang beberapa hari belakangan ini sedang mengalami keprihatinan. Megawati mengingatkan, kondisi tersebut disebabkan oleh kesalahan oknum pasukan elit, bukan institusi Kopassus. Karena itu, ia tetap mengharapkan agar prajurit komando ini dapat menjaga integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain memberikan pidato pengarahan, Wapres Megawati yang didampingi suaminya, Taufik Kiemas, juga meninjau kegiatan Grup V Kopassus yang memiliki keahlian antiteror. Komandan Jenderal Kopassus Mayor Jenderal TNI Amirul Isnaeni sempat memasangkan baret merah dan baju loreng Kopassus kepada Megawati.

Tampak hadir dalam Kunjungan Kerja Wakil Presiden ini antara lain, Panglima TNI Laksamana Widodo AS, Kepala Kepolisian RI Jenderal Polisi Suryo Bimantoro, Kepala Staf Angkatan Bersenjata Jenderal TNI Tyasno Sudarto, Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Ryamizard Ryacudu, dan sejumlah Panglima Kodam.(HFS/Esther Mulyanie dan Donny Indradi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.