Sukses

Kelangkaan Elpiji Meluas di Jawa Timur

Di Situbondo dan Lumajang, Jatim, elpiji menjadi barang yang langka sejak beberapa waktu belakangan. Kalaupun ada, harga bahan bakar gas cair ini sudah jauh melampaui harga normal.

Liputan6.com, Situbondo: Kelangkaan elpiji di Jawa Timur semakin luas. Di Situbondo misalnya, kelangkaan telah menyebabkan harga elpiji melonjak. Harga satu tabung elpiji 12 kilogram bisa mencapai Rp 65 ribu. Menurut beberapa agen elpiji, kelangkaan ini sudah terjadi sejak kenaikan harga bahan bakar minyak pada awal Oktober silam. Mereka beralasan Pertamina membatasi pasokan.

Kondisi ini mengakibatkan warga harus antre selama berhari-hari menunggu pasokan elpiji. Bahkan, meski sudah mendaftar beberapa hari sebelumnya, tidak ada kepastian bahwa warga akan segera memperoleh elpiji. Karena itu, masyarakat berharap agar Pertaminan segera menanggulangi kelangkaan sebelum Lebaran.

Sedang di Lumajang, kelangkaan bahkan sudah terjadi sebulan belakangan. Sama seperti daerah lain, kelangkaan elpiji menyebabkan harga bahan bakar gas ini melonjak dari harga normal. Tidak hanya di Jawa Timur, beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Barat juga mengalami kelangkaan serta lonjakan harga elpiji [baca: Elpiji Langka di Pemalang dan Bandung].(ADO/Agus Ainul Yakin dan Taufik Maru)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini