Sukses

Tamu Negara Kembali ke Jakarta

Sekitar 43 kepala negara/kepala pemerintahan negara-negara Asia dan Afrika seusai menghadiri peringatan ke-50 KAA di Bandung kembali ke Jakarta. Enam pesawat dipakai untuk mengangkut tamu negara.

Liputan6.com, Jakarta: Seremoni napak tilas peringatan ke-50 Konferensi Asia Afrika (KAA) di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, sudah selesai. Ahad (24/4) siang, sekitar 43 kepala negara/kepala pemerintahan negara-negara Asia dan Afrika kembali ke Jakarta. Mereka menumpang lima pesawat yang satu demi satu mendarat di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, mulai pukul 14.00 WIB. Sebagian kepala negara dan utusan pemerintahan kembali ke hotel. Perdana Menteri Jepang Junichiro Koizumi langsung meneruskan perjalanan pulang ke negaranya.

Untuk mengangkut para kepala negara/kepala pemerintahan termasuk Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Kofi Annan tersedia lima pesawat milik dua maskapai penerbangan nasional. Satu pesawat cadangan tiba pukul 15.00 WIB, berisi sebagian kecil delegasi yang tidak terbawa rombongan sebelumnya.

Peringatan ke-50 KAA menutup rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi Asia- Afrika (KTT AA) yang berlangsung di Jakarta selama dua hari. Acara diisi sambutan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Nigeria Olusegun Obasanjo, dan Perdana Menteri India Manmohan Singh.

Presiden SBY bersama Presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki lalu menandatangani Deklarasi Kemitraan Strategis Baru Asia dan Afrika hasil KTT AA [baca: Napak Tilas KAA Diikuti 43 Kepala Negara]. Agenda selanjutnya penanaman pohon secara simbolis oleh para kepala negara di Lapangan Tegallega. Seratus pohon berbagai jenis dari Afrika dan Asia ditanam di sana sebagai tanda kebersamaan.(KEN/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini