Sukses

ASEAN dan Cina Mendukung, Australia dan Kanada Menentang

Delegasi Asean dan Cina mendukung resolusi yang akan diajukan delegasi Indonesia dalam sidang IPU. Namun, usulan itu ditentang Australia dan Kanada.

Liputan6.com, Jakarta: Seluruh delegasi ASEAN ditambah Cina dalam pertemuan informal pendahuluan IPU bersepakat untuk mendukung resolusi terhadap Israel seperti yang diusulkan Indonesia. Mereka menilai perbuatan yang dilakukan Israel atas Palestina sudah di ambang batas. Hal tersebut diungkapkan Ketua DPR RI Akbar Tandjung, baru-baru ini, di Jakarta.

Menurut Akbar, dukungan tersebut disampaikan mereka, setelah Indonesia dalam pertemuan itu menyampaikan niat untuk mengajukan resolusi untuk Israel pada sidang Antarparlemen Sedunia atau Inter Parlementary Union (IPU) yang akan berlangsung 15-21 Oktober 2000.

Namun, kata Akbar, dukungan itu belum cukup untuk meloloskan usulan resolusi tersebut. Sebab, untuk meloloskan resolusi harus didukung empat per lima suara dari seluruh delegasi yang diperkirakan sebanyak 129 negara. Karena itu, Akbar mengatakan, delegasi Indonesia akan melobi semua delegasi yang hadir untuk beroleh dukungan yang lebih besar. Kendati begitu, peserta parlemen dari Australia dan Kanada jelas-jelas menentang usulan tersebut. Namun, kedua negara tersebut belum mengemukakan alasannya.(AWD/Dyah Kusuma dan Jhony Akbar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini