Sukses

5 Cara Ampuh untuk Memaksimalkan Pertumbuhan Rambut

Maksimalkan proses pertumbuhan rambut dengan 5 cara ampuh berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Rambut merupakan salah satu bagian terpenting yang mempengaruhi penampilan seseorang. Rata-rata rambut manusia akan tumbuh sekitar ½ inci setiap bulannya. Akan tetapi, seiring dengan bertambahnya usia, jenis rambut, serta kondisi kesehatan akan mempengaruhi kondisi folikel. Biasanya kondisi folikel rambut yang kurang prima akan menyebabkan penipisan atau kerontokan pada rambut.

Lalu bagaimana cara memaksimalkan proses pertumbuhan rambut? Dilansir dari HealthLine, Sabtu (23/03/18), menurut para ahli, sebenarnya tidak ada metode langsung yang mampu membut rambut tumbuh lebih cepat dalam semalam. Hanya saja ada beberapa perawatan almi yang bisa Anda lakukan agar proses pertumbuhan rambut lebih maksimal.

Vitamin dan Nutrisi

Agar kondisi rambut tetap prima, tubuh memerlukan banyak nutrisi dan makanan seimbang. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin C, D, omega 3 dan 6. Jangan lupa untuk memilih produk perawatan rambut yang mengandung Zinc.

Minyak Esensial

Apabila Anda gemar mengolah labu, mulai sekarang Anda tidak harus membuang bijinya. Sebab sebuah studi menunjukkan bahwa biji labu mampu memperbaiki dan menumbuhkan kembali rambut yang rontok hingga 40%. Tidak hanya biji labu, Anda juga bisa memanfaatkan minyak esensial alami lain dari buah kelapa, bunga matahari, biji tanaman jarak dan daun rosemary. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak esensial pada rambut tanpa mengenai kulit kepala.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Salep topical

Salep topical merupakan salah satu salep yang ampuh dalam menyembuhkan kerontokan. Bahkan banyak studi yang menyebutkan bahwa produk tersebut sangat efektif dalam mengobati alopecia (rambut rontok) serta mampu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Keratin

Pilihlah produk perawatan rambut yang mengandung keratin. Produk dengan kadar keratin sebesar 5,9 persen dapat membantu dalam peningkatan kekuatan rambut.

 

3 dari 3 halaman

Protein

Protein sangat berguna dalam melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan kandungan kimia. Protein bisa didapatkan dari perawatan menggunakan minyak kelapa yang dioleskan pada helaian rambut. Selain itu Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan protein yang tinggi di antaranya kacang-kacangan, yoghurt dan sayuran.

*(Latifah Gusri)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.