Sukses

Hindari 5 Kesalahan Rutinitas Kecantikan yang Sering Diabaikan

Apakah Anda masih melakukan 5 kesalahan rutinitas kecantikan yang bisa membahayakan kesehatan ini?

Liputan6.com, Jakarta Sebagai wanita, pasti kita menjaga dan merawat kecantikan dengan berbagai cara. Namun sudahkah Anda melakukannya dengan benar?

Sebab sebagian wanita tidak menyadari rutinitas kecantikan yang dilakukan salah. Hal ini tidak hanya membuat tampilan memburuk, namun juga berpengaruh pada kesehatan. Melansir Boldsky, Jumat (16/3/2018), cek lima kesalahan dalam rutinitas kecantikan yang sering kali dilakukan oleh wanita yang sering diabaikan.

1. Tidur memakai riasan

Tidur memakai riasan bisa menjadi masalah lebih serius dari yang pernah dibayangkan. Terkadang Anda terlalu lelah dan malas mencuci muka dan menghapus riasan setelah melalui hari yang panjang.

Padahal penting membersihkan wajah karena debu dan riasan yang menempel bisa menyebabkan kerutan dan permasalahan kulit lainnya. Anda bisa menggunakan kapas yang diberi beberapa tetes minyak zaitun untuk menghapus riasan. Kemudian cuci muka dan oleskan pelembab.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rutinitas Kecantikan yang salah dan belum diketahui

2. Mandi dengan air panas

Air panas bisa menghilangkan minyak esensial alami pada tubuh yang membuat kulit menjadi kering. Selain itu, air panas juga membuka pori-pori sehingga menjadi celah masuknya kotoran dan debu.

Cara mengatasinya, jangan mandi lebih dari 10 menit. Pastikan Anda menggunakan air biasa selama mandi. Air dengan suhu normal  baik untuk mencuci rambut sehingga terhindar dari kerusakan.

3. Hentikan memencet jerawat dan komedo

Sering tergoda memencet jerawat dan komedo saat berkaca? Komedo dan jerawat memang sebaiknya dibersihkan, namun jangan sampai menimbulkan bekas di kulit. Daripada memencet jerawat dengan tangan, lebih baik gunakan scrub dua kali seminggu.

3 dari 3 halaman

Rutinitas Kecantikan yang salah dan belum diketahui

4. Terkena paparan sinar matahari berlebihan

Terlalu lama terkena paparan sinar matahari akan membuat kulit Anda rusak. Hal ini dapat menyebakan kemerahan dan keriput pada kulit.

Solusi terampuh untuk mengatasi hal ini adalah tabir surya. Gunakan tabir surya dengan SPF tertentu sebelum keluar rumah. Jika perlu, pakai kacamata hitam atau scarf untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

5. Stop menggigit kuku

Kebiasaan menggigit kuku dapat membuat kutikula terkelupas dan kuku berantakan. Ahli psikologi mengatakan penyebab utama menggigit kuku adalah stres dan cemas. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah mengendalikan pikiran. Anda juga bisa melakukan yoga untuk mengurangi stres atau mengoleskan cat kuku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.