Sukses

Terungkap! Ini 8 Kesalahan dalam Mandi yang Belum Diketahui

Simak kesalahan apa saja yang sering dilakukan ketika mandi

Liputan6.com, Jakarta Keramas dan mandi merupakan salah satu rutinitas penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mandi, tubuh menjadi lebih segar dan mampu meremajakan kulit sehingga tubuh lebih sehat fisik maupun mental.

Namun dilansir dari Boldsky pada Jumat (16/3/2018), ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika mandi. Kesalahan ini bisa memberikan masalah kesehatan yang cukup serius.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesalahan Dalam Mandi yang Belum Diketahui

1. Berdiri di bawah shower terlalu lama

Banyak orang suka berdiri di bawah shower dalam waktu yang lama. Percikan air yang keluar dari shower seperti memberi pijatan di kepala. Namun para ahli menganjurkan agar tidak berdiri di bawah shower lebih dari 10 menit.

2. Mandi dengan air panas

Air panas yang digunakan untuk mandi dapat menghilangkan minyak esensial alami dari tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi kering. Selain itu, mandi dengan air panas akan membuat pori-pori terbuka dan menyebabkan gatal.

3. Mandi dengan sabun terlalu banyak

Karena ingin tetap segar dan wangi sepanjang hari, terkadang Anda menggunakan sabun yang begitu banyak. Sabun yang terbuat dari bahan kimia akan mengubah keseimbangan pH pada kulit. Sehingga disarankan untuk tidak menggunakan sabun terlalu banyak.

4. Tidak rajin mencuci handuk

Mandi bukan hanya soal tubuh yang bersih namun juga alat yang digunakan untuk membersihkan tubuh. Sebaiknya handuk dan segala peralatan mandi yang Anda gunakan dicuci secara rutin. Ini akan mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri yang menyebabkan masalah kesehatan serius.

3 dari 3 halaman

Kesalahan Dalam Mandi yang Belum Diketahui

5. Mencuci rambut setiap hari

Mencuci rambut setiap hari akan membuat rambut lebih bersih adalah mitos. Justru dengan mencuci rambut setiap hari akan membuat kulit kepala berminyak. Lebih baik cuci rambut Anda minimal tiga kali dalam seminggu.

6. Mengerikan tubuh dengan kasar

Sebagian besar orang berpikir bahwa mengeringkan tubuh dengan kasar akan mempercepat keringnya tubuh. Padahal, hal ini akan membuat kulit lebih kering. Pastikan Anda menggunakan handuk yang lembut dan keringkan perlahan.

7. Mengeksfoliasi kulit setiap hari

Eksfoliasi kulit membantu memperlancar sirkulasi darah. Selain itu, juga akan membuat kulit lebih halus dan cerah. Namun tidak disarankan menggosok tubuh atau wajah setiap hari. Karena akan membuat kulit lebih kenyal yang menumbuhkan bakteri. Lakukan eksfoliasi sebanyak dua hingga tiga kali seminggu.

8. Tidak menggunakan pelembab setelah mandi

Sebagian besar orang menginginkan kulitnya lembab setiap saat. Namun terkadang orang lupa untuk menggunakan pelembab, terutama setelah mandi. Jangan lupa untuk melembabkan kulit setelah mandi karena hal ini dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dalam waktu lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.