Sukses

Trik Mudah Bangun di Pagi Hari dari Masyarakat Jepang

Masyarakat Jepang mudah bangun pagi dengan melakukan kebiasaan harian ini.

Liputan6.com, Jakarta Sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang untuk menunda bangun tidur ketika pagi hari. Tidak jarang banyak yang memerlukan perjuangan besar dan menunda alarm berkali-kali hingga benar-benar terbangun. Namun tahukah Anda, ternyata, di Jepang terdapat beberapa konsep dasar yang membuat masyarakat mereka terbiasa untuk bangun tidur lebih awal di pagi hari.

Dilansir dari Independent, di Jepang dikenal istilah “Ikigai” yang berarti alasan untuk bangun tidur di pagi hari. Ternyata tiga alasan sederhana inilah yang membuat mereka bersemangat untuk memulai aktivitas pagi mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Olahraga

Mencari tahu aktivitas fisik seperti apa yang dapat Anda nikmati secara pribadi akan mampu mendorong Anda untuk bangun dari tempat tidur. Tidak harus melakukan olahraga berat, cukup dengan melakukan latihan ringan yang disukai, maka Anda akan dapat menikmati pagi dengan lebih bersemangat.

2. Sarapan

Menurut mereka, sarapan merupakan makanan terpenting dan menyenangkan, sehingga sangat perlu untuk menjadwalkan akan mengkonsumsi makanan seperti apa yang akan dikonsumsi pada saat pagi hari. Dengan menyiapkan sarapan favorit Anda setiap hari, maka akan sangat membantu dalam memberikan semangat untuk meninggalkan tempat tidur.

3 dari 3 halaman

3. Interaksi Sosial

Gagasan untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang yang Anda sayangi akan membantu Anda dalam membiasakan diri untuk bangun di pagi hari. Sebagai makhluk sosial, interaksi dengan manusia lain sekitar enam sampai tujuh jam sehari akan membantu seseorang untuk bahagia. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk duduk dan melakukan percakapan atau sekedar mengirim pesan singkat pada orang-orang tersayang agar Anda dan mereka bersemangat untuk bangun lebih awal di pagi hari.

 

*Latifah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.