Sukses

5 Peringatan Dini Anda Mengalami Kekerasan dalam Hubungan Cinta

Simak di sini beberapa peringatan dini ketika Anda mengalami kekerasan dalam hubungan cinta, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Kekerasan tidak hanya bisa terjadi dalam hubungan pernikahan, namun juga dunia kencan atau hubungan cinta. Banyak orang mengalami pelecehan fisik dan emosional yang tidak dirasakan secara langsung.

Kurangnya kesadaran masyarakat akan isu ini menunjukkan bahwa sekitar 80% orang tua tidak percaya bahwa kekerasan dalam hubungan cinta adalah masalah yang nyata. Jangan khawatir, jika Anda masih tidak menyadarinya, dilansir dari yourtango.com, Jumat (9/3/2018), berikut ini adalah beberapa peringatan dini bahwa Anda sedang mengalami kekerasan dalam hubungan cinta.

1. Terlalu mengontrol

Kekerasan dalam sebuah hubungan cinta biasanya ditandai dengan kekuasaan dan kontrol. Pasangan ingin mengendalikan hidup Anda.

Biasanya pasangan akan membuat Anda merasa tidak berdaya. Ia akan berusaha mengetahui di mana dan apa saja yang sedang Anda lakukan sepanjang hari, jika tidak, ia akan meneror dengan panggilan telepon terus menerus.

2. Terus menerus merasa kehilangan

Seorang pasangan seharusnya bisa membangun Anda, bukannya merendahkan. Jika pasangan terus menerus membuat Anda merasa tidak nyaman dengan diri sendiri, ini bisa menjadi masalah serius.

Ia ingin memanipulasi Anda untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Ia akan berusaha menjaga Anda tetap berada dalam kontrol dan kekuasaannya saat menjalin hubungan cinta.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanda kekerasan dalam hubungan cinta

3. Cemburu yang ekstrem

Semua orang pasti pernah mengalami cemburu, namun bagaimana perasaan ini bisa menjadi peringatan bagi Anda? Cemburu bisa menjadi masalah ketika seseorang menggunakan keposesifan mereka untuk mengendalikan hidup orang lain.

4. Nama panggilan yang mengejek

Nama panggilan biasanya terjadi dalam hubungan apapun, namun ketika hal tersebut justru merendahkan dan menghancurkan kepercayaan diri Anda, ini adalah peringatan buruk.

3 dari 3 halaman

Tanda kekerasan dalam hubungan cinta

5. Isolasi

Jika Anda merasa terisolasi di dalam sebuah hubungan, ini juga bisa menjadi bendera merah. Pasangan ingin Anda hanya bergantung padanya saja dan tentu saja ini perlahan-lahan menjauhkan Anda dari teman dan keluarga.

Jika Anda menemukan diri sendiri sedang berada di dalam salah satu peringatan tersebut, jangan merasa sendiri. Ada banyak orang yang bisa membantu Anda melewati fase ini.

Tidak ada orang yang pantas mendapatkan kekerasan di dalam sebuah hubungan. Faktanya, kekerasan dalam hubungan cinta bisa terjadi pada siapa saja, tanpa memandang usia, ras, dan status ekonomi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.