Sukses

Keren, Taman Nasional Bali Barat Terbaik Se-Asia Pasific di ITB Berlin

ITB Berlin, ajang anugerah pariwisata terbesar di dunia mendapuk Taman Nasional Bali Barat sebagai yang terbaik di Asia Pasific.

Liputan6.com, Jakarta Pariwisata Bali kembali mengukir prestasi membanggakan. Kali ini, penghargaan diraih Taman Nasional Bali Barat (TNBB) yang masuk dalam Best Top 100 Destination di Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin, Jerman.

Penghargaan untuk Taman Nasional Bali Barat sebagai Best Top 100 Destination diserahkan di Palais am Funkturm, ITB Berlin. Proses pengumuman pemenang dilakukan sekitar 16.00 waktu Berlin. Total ada 5 kategori penghargaan yang diberikan. Mulai dari Best of Cities, Communities & Culture, hingga Best of Nature. Selain itu ada Best of Seaside, Earth Award, dan Best of the Planet.

“Ini akan menaikkan 3C kita, Calibration, Confidence dan Credible!” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, menurut keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Jumat (9/3/2018).

Untuk kategori Best of the Planet, masih dirinci menjadi 6 sub-kategori lagi. Mulai dari Best of Africa, Americas, Asia-Pacific, juga Europe. Ada juga Best of Atlantic dan Mediterranean. Berada di zonasi Benua Kuning, TNBB akhirnya terpilih sebagai Best of the Planet untuk Asia-Pacific. TNBB ini mendampingi High Pamirs Mountain Region (Tajikistan) yang terpilih sebagai pemenangnya.

“Terpilihnya TNBB sebagai Best Top 100 Destination untuk Best of the Planet di Asia-Pacific tentu sangat membanggakan. Sebab, prestasi ini memiliki fungsi yang sangat strategis khususnya bagi TNBB,” ungkap Arief Yahya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kredibilitas Pariwisata Indonesia

Lebih jauh dirinya mengatakan, prestasi TNBB sangat penting. Sebab, berpengaruh kepada aspek 3C di atas.

“Ini juga menaikkan indeks daya saing pariwisata Indonesia. Prestasi TNBB ini pengaruhnya besar. Kami selalu menggunakan standard global sebagai acuan. TNBB sangat memenuhi syarat itu. Kepercayaan TNBB tentu naik, termasuk kredibilitas pariwisata Indonesia di level dunia,” kata Arief Yahya.

Apresiasi memang layak diberikan bagi TNBB. Bersama Thailand, TNBB menjadi wakil ASEAN yang berkibar di ITB Berlin. Destinasi Tung Dap Village yang menjadi andalan Thailand, berada di urutan 6 besar kategori Best of Cities, Communities & Culture. Thailand kalah pamor dari destinasi Portugal yang berada di urutan pertama hingga empat. Persaingan ketat dihadapi spot yang masuk 100 top-sustainable destinations.

Dari persaingan besar, lalu dikerucutkan menjadi 32 finalis. Screening terhadap destinasi terbaik dilakukan juri dari 12 organisasi internasional. Para juri ini independen. Beberapa kriteria penilaian mulai dari kualitas, daya tarik, dan keberlanjutan destinasi dalam industri pariwisata. 

“Secara umum kami puas dengan beragam prestasi di ITB Berlin ini. TNBB telah memenuhi berbagai aspek standard global. Masa depannya sangat bagus. TNBB ini juga sangat populer,” ungkap Arief Yahya.Sementara Ketua Tim Percepatan Ecotourism Kemenpar, David Makes, menilai Taman Nasional Bali Barat layak mendapat penghargaan. “Potensi yang dimiliki TNBB ini memang sangat besar. TNBB sangat layak dapat awards ini. Status TNBB ini merupakan ekowisata sekaligus prototype bagi beberapa wilayah di sekelilingnya,” katanya.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Taman Nasional Bali Barat

TNBB adalah proyek percontohan program ekowisata sejak 6 Oktober 2016. Dasar hukumnya keputusan Kemenpar Nomor KM.66/HK.501/MP/2016. Penjabaran dari surat itu, proyek ekowisata dikembangkan menjadi klaster Bali dan Jawa Timur.

“Terima kasih Pak Menpar Arief Yahya, berkat kepercayaan Bapak, TNBB tumbuh menjadi sentra percontohan template sukses bagi beberapa taman nasional (TN) sekitarnya. Beberapa wilayah di Jawa Timur memiliki beberapa TN,” terang David.

“Sukses ini untuk bangsa Indonesia. Penghargaan ini lebih bermakna sebagai implementasi Indonesia Incorporated, kalau kita berjalan bersama, kompak, kita tidak bisa dikalahkan oleh negara manapun juga di sektor pariwisata,” kata Arief Yahya.

Lima taman nasional disekitar TNBB adalah Baluran (Situbondo), Alas Purwo (Banyuwangi), Meru Betiri (Banyuwangi/Jember). Selain itu, ada juga Taman Wisata Alam Kawah Ijen (Banyuwangi dan Bondowoso). Terakhir adalah TN Bromo Tengger-Semeru yang berada di wilayah Pasuruan, Malang, Lumajang, hingga Probolinggo. “Posisi Banyuwangi sebenarnya menciptakan cross selling antara Bali dan Jawa Timur. Secara khusus cross selling ini diwakili oleh dua kabupaten, yaitu Jembrana di Bali dan Banyuwangi,” pungkasnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.